Share

Peringatan IMF: Ketidakpastian Ekonomi Global Masih Tinggi

Selasa 19 Januari 2021 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 320 2346796 peringatan-imf-ketidakpastian-ekonomi-global-masih-tinggi-5bb0JtLHID.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan ketidakpastian ekonomi global masih tinggi. IMF mengatakan pemberi pinjaman global itu membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk membantu negara-negara yang berutang besar, mengutip prospek ekonomi global yang sangat tidak pasti dan meningkatnya perbedaan antara negara-negara kaya dan miskin.

Dilansir dari Antara, Selasa (19/1/2021), Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva yang telah lama menganjurkan alokasi baru mata uang IMF sendiri, Special Drawing Rights (SDRs), mengatakan pihaknya sekarang akan memberi lebih banyak dana untuk digunakan mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi, dan mempercepat perpindahan ke ekonomi digital dan hijau.

Baca Juga: Bank Dunia Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 4% tapi Ada Syaratnya

Di bawah Presiden Donald Trump yang akan segera berakhir masa jabatannya, Amerika Serikat, pemegang saham terbesar IMF, telah memblokir alokasi SDR baru tersebut, sebuah langkah yang mirip dengan bank sentral yang mencetak uang, karena akan memberikan lebih banyak sumber daya ke negara-negara kaya ketika alokasi akan proporsional dengan kepemilikan saham mereka.

Menteri Keuangan Swedia Magdalena Andersson, ketua baru komite pengarah IMF yang berbicara pada konferensi pers daring bersama Georgieva, mengatakan jelas bahwa kebutuhan likuiditas tetap besar, dan dia akan berkonsultasi dengan negara-negara anggota mengenai opsi untuk memperluas likuiditas.

Baca Juga: Ekonomi Dunia Diprediksi Melaju Kencang di 2021, Bisa Capai 5,6%

Georgieva mengatakan IMF dengan cepat meningkatkan pembiayaan lunak ke ekonomi-ekonomi emerging market dan berkembang, termasuk melalui sumbangan dari negara-negara anggota sekitar 20 miliar dolar AS dalam SDR yang ada. Itu akan terus memainkan peran penting, tetapi diperlukan langkah-langkah lebih lanjut, katanya.

“Ini akan terus menjadi sangat penting, bahkan lebih penting, bagi kami untuk dapat memperluas kapasitas kami untuk mendukung negara-negara yang tertinggal,” kata Georgieva.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia mengatakan alokasi SDR baru tidak pernah dihapus dari meja oleh anggota IMF, katanya, menambahkan bahwa beberapa anggota terus membahasnya sebagai langkah yang mungkin dilakukan. Kemungkinan penjualan emas dari cadangan IMF akan memiliki "beberapa potensi kerugian" untuk IMF, tetapi terserah anggota, katanya.

Dia mengatakan dia mengharapkan Kelompok 20 negara ekonomi utama untuk memperpanjang moratorium saat ini dalam pembayaran pelunasan utang resmi negara-negara termiskin, yang sekarang dijadwalkan berakhir pada Juni, tetapi banyak yang akan bergantung pada kecepatan vaksinasi dalam beberapa bulan mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini