Share

Mau Berpetualangan Seru Bareng Dinosaurus? Ini Pilihan Destinasinya di Indonesia

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 408 2347501 mau-berpetualangan-seru-bareng-dinosaurus-ini-pilihan-destinasinya-di-indonesia-pYqsy3C6XM.jpg Seorang pengunjung melihat replika dinosaurus di Mojosemi Forest Park, Magetan, Jawa Timur (Instagram @mojosemiforestpark)

DINOSAURUS merupakan kelompok hewan purbakala yang diyakini hidup di dunia ratusan juta tahun lalu. Mereka sudah musnah. Wujud aslinya tak pernah terlihat, kecuali hanya replika yang dibuat berdasarkan temuan fosil-fosil.

Ilmuwan dunia terus meneliti tentang dinosaurus. Cerita tentang dinosaurus sudah ditulis dalam buku-buku, komik, novel bahkan difilmkan. Masyarakat dunia mengenal bentuk binatang purba tersebut dari media-media.

Baca juga:  Heboh Dinosaurus Dievakuasi di Lereng Gunung Lawu, Begini Fakta Sesungguhnya

Beberapa negara menghadirkan destinasi untuk mengenal dinosaurus. Indonesia punya beberapa taman wisata dinosaurus sebagai tempat liburan sekaligus edukasi. Pengunjung bisa mendapatkan ilmu seputar sinosaurus seperti kerangkanya, habitat, kebiasaannya, hingga makanannya.

Berikut empat destinasi wisata yang ada “dinosaurus” di Indonesia :

Taman Legenda TMII

Salah satu tempat wisata yang cukup populer adalah Taman Legenda Petualangan Dinosaurus di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

Pada wahana Dinosaurus ini, Anda akan disambut oleh Pterosaurus di pintu masuk. Terdapat jalan kecil untuk menyusuri wahana ini sambil melihat berbagai macam Dinosaurus yang ada di dalamnya.

ilustrasi

Petualangan Dinosaurus di TMII (Okezone.com/Dimas)

Dinosaurus ini juga bisa bergerak dan mengeluarkan suara, bahkan ada juga yang dapat mengeluarkan air dari mulutnya. Setiap Dinosaurus ini memiliki papan informatif yang menerangkan segala hal tentang dinosaurus tersebut, termasuk keturunan hewan yang mirip dengannya.

Di akhir perjalanan, terdapat tempat berpasir untuk menggali fosil dinosaurus. Area ini sangat bagus dan bisa menjadi tempat main favorit anak-anak.

Baca juga:  Atraksi Dinosaurus Viral Turun dari Truk Ditampilkan di Mojosemi Forest Park

Untuk Anda yang ingin merasakan keseruan wahana ini, untuk biaya masuk Petualangan Dinosaurus sebesar Rp 30 ribu. Sedangkan untuk masuk ke Taman Legenda Anda perlu membayar Rp 25 ribu.

Safari Dino JungleLand Sentul Bogor

Safari Dino di Sentul Bogor bisa menjadi salah satu destinasi edukasi yang sangat menghibur. Anda dapat mengelilingi wahana ini, untuk melihat dinosaurus animatronik.

ilustrasi

Safari Dino Jungleland sentul (reddoorz.com)

Di setiap dino juga ada informasi tentang terkait sejarahnya dan lain-lain. Uniknya, Anda tidak perlu jalan kaki untuk mengitari wahana ini karena disediakan mobil jeep yang bisa berjalan secara otomatis.

Salah satu hal yang menarik lainnya adalah sebuah terowongan yang gelap dan seolah-olah berada di dunia dinosaurus yang sebenarnya. Safari Dino berada di Zona Carnivalia, JungleLand dan untuk bisa masuk ke dalamnya Anda cukup membayar tiket terusan seharga Rp165 ribu (weekdays) dan Rp220 ribu (weekend).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mojosemi Forest Park Magetan

Salah satu tempat wisata di Magetan yang memiliki banyak koleksi replika Dinosaurus adalah Mojosemi Forest Park. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Sarangan, Cemoro Sewu kilometer 5, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Wahana ini tidak hanya menampilkan replika dinosaurus saja, tapi juga menawarkan keindahan hutan alaminya. Karena lingkungannya yang penuh dengan pepohonan ini, membuat para pengunjung merasa seolah-olah sedang berada di Jurassic Park sungguhan.

Harga tiket masuk Mojosemi Forest Park cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Jika Anda ingin menikmati berbagai wahana di dalamnya, disarankan membeli tiket terusan seharga Rp 35.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak untuk meminimalkan budget liburan Anda.

Dino Park Jawa Timur Park 3 Malang

Dino Park merupakan salah satu wisata dinosaurus terkenal yang mempunyai Museum Dinosaurus, tempat beberapa fosil dinosaurus besar dan semua informasi tentang dino, seperti ukuran, anatomi, kebiasaan, serta habitatnya.

Setelah Anda keluar dari museum, Anda dapat bertualang ke lima zaman prasejarah dengan menaiki kereta. Anda akan melihat beberapa patung Dinosaurus yang bisa bergerak.

Dalam wahana ini juga terdapat putaran sebuah video tentang kehidupan Dinosaurus. Tak hanya itu saja, terdapat Aquarium 3D untuk melihat kehidupan dinosaurus bawah laut dan banyak spot keren yang instagenic untuk Anda. Untuk menikmati semua wahana Dino Park, tiket masuknya sebesar Rp 100 ribu saat akhir pekan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini