Share

11 Negara Ini Masuk Daftar Bebas Covid-19, Mana Saja Ya?

Pradita Ananda, Okezone · Senin 25 Januari 2021 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 612 2350399 11-negara-ini-masuk-daftar-bebas-covid-19-mana-saja-ya-q59q0ULTBU.jpg Ilustrasi persebaran covid-19. (Foto: Shutterstock)
A A A

KURANG lebih sudah selama 1 tahun sebagian besar negara di berbagai belahan dunia mengalami pandemi covid-19. Puluhan juta orang dinyatakan terinfeksi wabah penyakit akibat virus corona itu.

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa negara yang dinyatakan masih bebas dari wabah covid-19. Negara mana sajakah itu?

Baca juga: Mendisinfeksi Sikat Gigi Bisa Melindungi Anda dari Covid-19 

Mengutip dari Nypost, Senin (25/1/2021), inilah ulasan singkat 11 negara di dunia yang diklaim bebas pandemi dan belum ada catatan kasus positif covid-19.

1. The Cook Islands

Negara dengan jumlah populasi sekira 17.000 jiwa ini sejak awal sudah bergerak cepat melakukan upaya pencegahan persebaran covid-19. Salah satunya dengan menutup sekolah di Rarotonga, pulau terpadat dari 15 pulau di The Cook Island. Selain itu, pemerintah setempat juga menggalakkan protokol kesehatan menjaga jarak fisik di tempat-tempat umum. Setelah beberapa minggu, kehidupan di negara ini disebutkan kembali normal.

2. Tuvalu

Negara yang punya populasi sekira 11.500 jiwa ini langsung secara tegas langsung melakukan pembatasan perbatasan dengan penerapan aturan karantina ketat bagi setiap orang yang memasuki negara ini.

3. Tonga

Punya 10.4000 penduduk, negara kepulauan ini diketahui mengubah rute kapal pesiar dan memberlakukan aturan pelarangan perjalanan internasional untuk mencegah masuknya wabah penyakit virus corona.

4. Pitcairn Islands

Meski hanya dihuni sekira 50 orang, berasal dari keturunan pemberontak terkenal dari HMS Bounty dan segelintir tawanan Tahiti yang sudah berlabuh di pulau ini sejak 1789, tidak ada satu pun kasus positif covid-19 tercatat di sini.

Baca juga: 6 Syarat Jadi Pendonor Plasma Konvalensen untuk Pasien Covid-19 

5. Palau

Dihuni oleh 17.900 orang dan terdiri dari lebih 300 pulau, negara ini diketahui langsung melarang semua perjalanan dan memberlakukan karantina ketat bagi warga yang kembali ke Palau.

6. Niue

Negara dengan jumlah populasi penduduk hanya sekira 1.624 orang ini juga termasuk sebagai negara yang bebas kasus covid-19.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. Nauru

Meski masuk sebagai salah satu negara di dunia yang bebas covid-19, negara dengan total populasi 12.700 jiwa ini dikatakan punya kehidupan sangat tidak layak, mengingat Nauru adalah salah satu negara termiskin di dunia. Supaya menghasilkan uang, Pemerintah Nauru menyewakan sebagian besar tanahnya ke Australia untuk digunakan sebagai kamp bagi imigran ilegal dan pengungsi.

8. Kiribati

Hanya sedikit maskapai penerbangan yang punya rute terbang ke negara dengan jumlah populasi 116.000 jiwa ini. Sehingga, Pemerintah Kiribati dengan mudah menetapkan aturan larangan melakukan perjalanan alias travel ban.

Baca juga: Begini Cara Kerja GeNose, Pendeteksi Covid-19 lewat Embusan Napas 

9. Tokelau

Berlokasi di tengah-tengah antara Hawaii dan Selandia Baru, negara kecil yang dihuni sekira 1.411 orang ini masih bebas dari covid-19.

10. Micronesia

Terdiri dari lebih dari 600 pulau, pemerintah memperingatkan sejak awal bahwa tidak ada penumpang yang diizinkan turun dari kapal udara atau laut yang berasal dari luar Negara Federasi Mikronesia. Ada pengecualian untuk individu tertentu atau mereka yang bekerja di kapal laut komersial yang mematuhi tindakan pencegahan dan protokol kesehatan. Negara ini sendiri merupakan rumah bagi 112.000 jiwa.

Baca juga: Jika Vaksin Pfizer dan Moderna Datang, Perlukah Uji Klinis di Indonesia? 

11. Turkmenistan

Satu-satunya yang bukan merupakan negara kepulauan dalam daftar ini. Negara di Benua Asia Tengah yang punya populasi sebanyak 5 juta jiwa ini disebutkan tidak memiliki catatan kasus positif covid-19 sama sekali. Meski begitu, mengenai apakah negara ini benar-benar nihil covid-19 masih diperdebatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini