Share

Deretan Pekerjaan Rumah yang Bisa Dilakukan Anak Sesuai Usianya

Uthari Handayani, Okezone · Rabu 03 Februari 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 612 2355621 deretan-pekerjaan-rumah-yang-bisa-dilakukan-anak-sesuai-usianya-sbIb8wAkwQ.jpg Ilustrasi anak melakukan pekerjaan rumah. (Foto: Freepik)
A A A

TERNYATA ada pekerjaan rumah yang bisa dilakukan anak, tapi tentunya harus disesuaikan dengan usia mereka. Sebab jika pekerjaan rumah tersebut terlalu sulit akan membuat si anak terbebani dan hasilnya tidak maksimal.

Orangtua yang meminta bantuan kepada anak untuk melakukan pekerjaan rumah tidak hanya akan meringankan, tapi juga bisa sebagai sarana melatih keterampilan dan tanggung jawab.

Baca juga: Anak Gatal-Gatal ketika Pindah ke Tempat Baru, Simak Penyebabnya 

Mengutip dari Pathways, Rabu (3/2/2021), hal tersebut akan membantu melatih fungsi eksekutif, motorik, sensorik, dan komunikasi anak. Lantas, pekerjaan rumah seperti apa yang cocok ditanamkan kepada mereka?

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Freepik)

1. Usia 2–3 tahun

Anak yang masih kecil sejatinya akan meniru segala hal yang dilakukan orangtua. Libatkanlah mereka saat Anda sedang melakukan pekerjaan rumah, misalnya membereskan mainannya, atau hal yang lebih sederhana seperti membiasakan dia membuang sampah ke tempatnya.

Baca juga: Kasus Prostitusi Online Siswi SMP-SMA, Polisi Periksa 6 Marketing untuk Buru Tersangka Baru

2. Usia 3–4 tahun

Setiap tingkatan usia sebaiknya beri anak keterampilan yang semakin menantang. Untuk umur rentang 3 sampai 4 tahun ajarkanlah hal-hal baru lain tanpa meninggalkan yang sebelumnya. Masih dengan membereskan mainan, merapikan meja makan, dan kebiasaan mengembalikan barang ke tempat asalnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Usia 4–5 tahun

Anak usia 4 sampai 5 tahun sudah bisa dituntun untuk bertanggung jawab atas kepentingannya sendiri. Misalnya, bersiap di pagi atau malam hari. Anak diajarkan mandi, sikat gigi, dan memakai pakaiannya sendiri. Selain itu, latih anak memotong makanannya sendiri, atau biarkan menuangkan dan menghaluskan makanan.

Baca juga: Rumah Terendam Banjir! Dilantunkan Dzikir, Anak Ini Tertidur di Kotak Mengapung 

4. Usia 5–6 tahun

Berikan anak tanggung jawab yang lebih besar lagi tiap kali bertambah umur dengan tetap mengawasinya. Seperti menyiapkan makanannya sendiri, mulai dari mengambil piring hingga mencucinya, atau tugas harian untuk menyiram tanaman dan memberi makan hewan peliharaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini