Share

Pasar Modal Indonesia Catatkan Rekor Baru, BEI: Luar Biasa

Aditya Pratama , iNews · Selasa 23 Februari 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 278 2367056 pasar-modal-indonesia-catatkan-rekor-baru-bei-luar-biasa-XKqrmHNbgC.jpg Pasar Modal Indonesia (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pasar modal Indonesia menorehkan beberapa rekor baru hingga Februari 2021. Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), hampir semua indikator aktivitas pasar mencatatkan rekor baru.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, beberapa rekor baru selama awal 2021 dimulai dari volume transaksi harian yang naik hampir dua kali lipat dibanding rata-rata tahun lalu.

"Kemudian, turn over harian (nilai transaksi rata rata harian) juga mencatatkan angka hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu, dari 9,2 triliun per hari, per kemarin kita mencatat hampir 19 triliun per hari," ujar Hasan dalam acara Edukasi Wartawan BEI, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Sempat Khawatir Covid-19 Serang Pasar Modal 

Kemudian, torehan rekor baru juga terdapat pada frekuensi transaksi yang konsisten terus mencatatkan rekor dari tahun ke tahun, bahkan angka rata-rata frekuensi di awal tahun tercatat luar biasa tinggi yaitu naik dua kali lipat dibanding rata rata di tahun lalu di angka lebih dari 1,5 juta transaksi per harinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, kapitalisasi pasar turut mencatatkan rekor barunya, di mana pada tahun lalu sempat terjadi penurunan market cap tetapi di awal tahun ini tercatat rekor tepatnya pada 13 Januari 2021.

Menurut Hasan, hal ini sejalan dengan kenaikan indeks, banyaknya IPO dan right issue baru dan market cap mencapai angka tertinggi dengan rekor melampaui Rp7.500 triliun untuk pertama kalinya.

"Jadi, luar biasa tahun ini semua indikator aktivitas pasar memang mencatatkan rekor-rekor dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan catatan di tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini