Share

Dukun Ditantang Syaikh Al Albani: Coba Datangkan Roh Imam Bukhari

Selasa 23 Februari 2021 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 330 2366733 dukun-ditantang-syaikh-al-albani-coba-datangkan-roh-imam-bukhari-NOuaZfLIEh.jpg Syekh Al Albani menantang dukun untuk menghadirkan roh Imam Bukhari. (Foto:Ilustrasi/SINDOnews)
A A A

JAKARTA - Praktik dukun masih terjadi di masyarakat, bahkan belum lama ini dideklarasi Persatuan Dukun Nusantara. Bagi Agama Islam yang syar'i ini, membongkar kedok dukun adalah sebuah tuntutan bahkan bisa menjadi suatu hal yang wajib.

Ustaz Yani Fachriansyah menjelaskan diperbolehkan mendatangi dukun namun untuk keperluan menanyakannya beberapa hal guna mengujinya untuk membongkar kedustaan dan kelemahannya. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengungkapkan: 

Baca Juga: Ada Jin Sembunyi dalam Sumur Masjid di Mesir, Bikin Warga Ketakutan

أن يسأله ليظهر عجزه وكذبه فيمتحنه في أمور يتبين بها كذبه وعجزه وهذا مطلوب وقد يكون واجبا

“(Diperbolehkan) untuk menanyakan dukun guna menampakkan kelemahan dan kebohongannya. Dia menguji sang dukun dengan beberapa hal yang mampu membongkar kedok dan kelemahannya. Ini adalah sebuah tuntutan (tuntutan syar’i -ed) dan terkadang bisa menjadi wajib.”[1]

Tindakan ini tidaklah termasuk dalam hadis: 

من أتى عرافا فسأله عن شيء فصدقه بما يقول لم تقبل صلاته أربعين يوما 

“Orang yang menemui dukun lantas menanyainya lalu meyakini apa yang diungkapkan sang dukun maka shalatnya selama 40 hari tidak diterima.”

Baca Juga: Kumandang Azan, Membuat Jawara Bulu Tangkis Ini Mendapat Hidayah dan Mualaf

Dikutip dari laman Muslim or id pada Selasa (23/2/2021) disebutkan sebuah contoh aplikatif sekitar pertengahan November lalu, akun facebook seorang ikhwah dari Khurthum, Sudan, menuliskan kisah Syaikh Al Albani rahimahullah dengan seorang dukun.

Berikut ini kisahnya:

Ada kabar yang didengar oleh Syaikh Al Albani bahwa salah seorang tokoh spiritual mampu menghadirkan dan mendatangkan roh. Untuk menghilangkan dan mengingkari kesyirikan, Syaikh pun menemui tokoh tersebut.

Gemetarlah sang tokoh karena kedatangan syaikh.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini