Share

Tak Cuma Desa Mati yang Viral, Intip 7 Tempat Wisata Alam di Majalengka

Fatha Annisa, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 408 2366683 tak-cuma-desa-mati-yang-viral-intip-7-tempat-wisata-alam-di-majalengka-T0cdUkQDqF.jpg Pemandangan terasiring di Majalengka. (Foto: Instagram terasiring_panyaweuyan)

TEMPAT wisata di Majalengka, Jawa Barat sangatlah beragam. Tak hanya Desa Mati yang pernah viral di media sosial, tapi ada juga tempat wisata lainnya.

Wisata Majalengka terkenal dengan perbukitan berpemandangan menawan, curug dengan air jernih, bahkan jalur bersepeda dan treking. Walau masih pandemi, tidak ada salahnya menyegarkan mata dan pikiran di Majalengka.

Diambil dari berbagai sumber, Okezone telah merangkum 7 tempat wisata di Majalengka yang wajib dikunjungi. Yuk simak!

Baca Juga: Wisata Candi Mendut, Unik dan Memikat Hati Wisatawan

Bukit Mercury Sayang Kaak

 bukit

(Instagram @mmooeeeee)

Bukit Mercury Sayang Kaak merupakan bumi perkemahan yang ditambahkan berbagai fasilitas baru untuk menarik pengunjung. Menurut warga setempat, nama Sayang Kaak yang terdengar unik itu memiliki arti sarang gagak. Namun belum diketahui apakah dahulu Bukit Mercury adalah sarang gagak atau hanya sebutan semata.

Berketinggian 1.600 mdpl, Bukit Mercury Sayang Kaak menyuguhkan panorama alam memukau. Pengunjung dapat melihat cantiknya Taman Nasional Gunung Ceremai dari ketinggian. Dan jika cuaca sedang cerah, puncak Gunung Ceremai akan menjadi pemandangan utama pengunjung.

Di objek wisata ala mini disediakan bermacam-macam spot foto. Di antaranya adalah gardu pandang, rumah ranting, dan taman yang dipenuhi bunga berwarna kuning cerah. Fasilitas penunjang seperti mushola, shelter, bahkan kemah yang nyaman juga sudah tersedia di Bukit Mercury Sayang Kaak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kebun Teh Cipasung

kebun teh

(Instagram @exploretrip.adventure)

Perkebunan Teh Culamega atau dikenal dengan nama Kebun Teh Cipasung berlokasi di Desa Cipasung, Kelurahan Lemahsugih. Kebun teh ini tepatnya berada di lereng kaki Gunung Cakrabuana dan berjarak sekira 59 kilometer dari pusat kota Majalengka.

Hijaunya hamparan kebun teh dipastikan akan membuat mata dan pikiran pengunjung segar. Terlebih udara di kawasan ini sangat sejuk. Meski harus melewati jalan menanjak dan menurun untuk sampai ke sana, suasana yang ditawarkan akan membuat pengunjung lupa dengan semua itu.

Di sini pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang kebun teh. Lalu melanjutkan agenda kunjungan dengan menikmati secangkir teh panas langsung di kebunnya. Udara sejuk, teh panas, dan pemandangan memukau, bukankah itu perpaduan yang sempurna?

Terasering Panyaweuyan Argapura

Jika sudah puas bermain di kebun teh, Anda bisa melanjutkan liburan dengan berkunjung ke area persawahan. Di Panyaweuyan Argapura pengunjung akan disuguhkan hamparan sawah berundak-undak seperti yang ada di Ubud, Bali.

Wisatawan dapat berkunjung ke Terasering Panyaweuyan Argapura kapan saja. Tapi untuk mendapatkan keindahan yang maksimal, datanglah pada pagi saat matahari terbit atau sore saat matahari terbenam. Lembah Cilongkrang dan Gunung Ciremai akan sangat terlihat dari kawasan terasering ini jika keadaan langit tengah cerah.

Situ Janawi

Situ Janawi bisa menjadi destinasi liburan Anda, terutama dengan keluarga. Wisata murah meriah ini menyediakan berbagai permainan air yang dapat menghilangkan rasa penat. Spot-spot instagramable juga tersebar di seluruh sudut Situ Janawi.

Keunikan Situ Janawi adalah keberadaan pulau kecil di tengah-tengah danau. Sedangkan permukaan danau dihias oleh tanaman teratai dan eceng gondok yang membuatnya terlihat eksotis.

Di Situ Janawi juga terdapat sebuah kolam. Airnya yang jernih selalu berhasil menggoda pengunjung yang datang untuk menaburkan diri dan merasakan kesegarannya. Mata air yang ada dalam kolam diyakini berasal dari zaman Kerajaan Rajagaluh. Masyarakat percaya mata air itu suci dan dapat menyembuhkan penyakit siapapun yang mandi di sana.

Paraland Majalengka

Paraland Majalengka berlokasi di Jalan Gunung Panten Majalengka, Desa Munjul. Daya tarik utama dari kawasan wisata ini adalah aktivitas paralayang yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung.

Tapi sebenarnya Paraland atau Paralayang Adventure Land menawarkan berbagai aktivitas menarik lain seperti ATV, outbound, glamping, dan berbagai wahana anak. Tak ketinggalan spot foto yang instagramable juga disediakan oleh pihak pengelola. Jadi, pengunjung yang takut ketinggian dan enggan bermain paralayang tetap bisa menikmati liburan di Paraland Majalengka.

Fasilitas pendukung seperti kafe pun ada di sana. Kafe bernama Sky Resto itu mengusung konsep terbuka sehingga pengunjung bisa menyesap minuman favoritnya sambil melihat pemandangan Kota Majalengka dari ketinggian.

Saat malam, panorama dari Sky Resto sangatlah menakjubkan dan cantik karena lampu-lampu kota mulai menyala. Selain itu sebuah hotel berbentuk Jineng atau rumah adat Suku Sasak Lombok juga bisa menjadi tempat Anda bermalam.

Telaga Herang

Telaga Herang merupakan objek wisata berupa danau yang menjadi habitat berbagai macam jenis ikan. Ikan-ikan tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang karena kondisi danau yang bersih dan jernih.

Pengunjung diperbolehkan menceburkan diri di Telaga Herang, asalkan tidak menangkap ikan-ikan di sana.

Akses jalan menuju Telaga Herang tergolong sempit dan sedikit sulit dilalui. Namun ini bukan masalah, karena sepanjang perjalanan Anda akan dihadapkan dengan suasana alam yang masih asri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini