Share

Rel Sudah Diperbaiki, Perjalanan Kereta Api Daop 3 Cirebon Kembali Normal

Fathnur Rohman , Okezone · Selasa 23 Februari 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 525 2367009 rel-sudah-diperbaiki-perjalanan-kereta-api-daop-3-cirebon-kembali-normal-INzf5VzCrL.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)
A A A

CIREBON - Seluruh perjalanan kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon kembali beroperasi secara normal, pada Selasa (23/2/2021). Hal ini disebabkan karena jalur rel kereta api bagian hilir antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi, telah dapat dilewati. 

"Seluruh perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang menuju ke arah Jakarta maupun sebaliknya, telah kembali normal beroperasi," kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, Selasa (23/2/2021). 

Suprapto menjelaskan, jalur rel kereta api antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, tepatnya di KM 53+600 sampai KM 55+100 sudah diperbaiki oleh Tim Sarana PT KAI. Sebelumnya, kata dia, jalur rel tersebut mengalami kerusakan akibat tubuh badan rel erosi akibat terkena banjir.

"Adapun jumlah kereta api di Daop 3 Cirebon, yang pada siang dan malam nanti tetap beroperasi yaitu 9 kereta api menuju arah Jakarta, 3 kereta api menuju Surabaya, 2 kereta api menuju Malang, dan 1 kereta api menuju Solo," ujarnya.

Baca juga: Perbaikan Rel Selesai, Sore Ini Stasiun Gambir dan Pasar Senen Berangkatkan KA Jarak Jauh

Dia melanjutkan, kereta api yang melewati jalur antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, untuk sementara waktu dibatasi kecepatannya maksimal 10 km/jam, dan secara bertahap akan semakin ditingkatkan.

Petugas KAI, tambahnya, selama 24 jam terus melakukan upaya untuk normalisasi, menguatkan pondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur kereta api dengan menggunakan mesi MTT (Multi Tie Tamper).  

Baca juga: Kereta Menuju Jakarta Dibatalkan Imbas Banjir, Stasiun Bandung Sepi

Selain itu, tambahnya, pihaknya terus melakukan peningkatan kemampuan pada jalur double track tersebut. Sehingga jalur rel ini dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. 

“Kami atas nama manajemen KAI Daop 3 Cirebon mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan, karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta," ucap Suprapto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini