Share

Daftar Koleksi Museum Topkapi, Barang Peninggalan Nabi Muhammad hingga Alquran Pertama

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 408 2368698 daftar-koleksi-museum-topkapi-barang-peninggalan-nabi-muhammad-hingga-alquran-pertama-KIVMXE5KNE.jpg Museum Topkapi di Istanbul, Turki (willyflyforfood.net)

ISTANA Topkapi dulu sebagai kediaman resmi Sultan Ustmaniyah atau Turki Ottoman selama lebih dari 600 tahun, kini sudah dijadikan museum yang menyimpan barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Museum terletak di Istanbul, Turki ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Pengunjung tertarik melihat beragam koleksi dari museum terutama benda-benda peninggalan Rasulullah, serta bangunan bekas istana yang melegenda.

Baca juga:  Fakta-Fakta Menarik Masjid Keramat di Kalimantan yang Kental Arsitektur Jawa

Istana Topkapi dibangun sejak 1459 atas perintah dari Sultan Muhammad Al-Fatih atau Mehmed II, sang penakluk Konstatinopel yang kemudian diubah nama jadi Istanbul dan Hagia Sophia, gereja Katedral terbesar di dunia kala itu diubah fungsi jadi masjid.

Selama lebih dari 6 abad Istana Topkapi jadi kediaman resmi sultan-sultan Turki Ustmani dan pusat kegiatan kenegaraan, sebelum dipindahkan ke Istana Dolmabahce di Bosporus oleh Sultan Abdul Majid I pada 1856.

ilustrasi

Istana Topkapi di Istanbul, Turki (Instagram @iqbar.foedus)

Istana Topkapi resmi menjadi museum atas dasar dekrit pemerintah pada 3 April 1924, setelah Turki Ottoman jatuh. Kompleks Istana Topkapi dibagi empat lapangan utama dan juga beberapa bangunan kecil di sekitarnya.

Koleksi-koleksi di Museum Topkapi antara lain:

1. Manuskrip Al-Qur’an Pertama

Sebagai umat muslim tentunya Anda penasaran bagaimana bentuk manuskrip pertama kitab suci umat muslim. Di Museum Topkapi, Anda bisa melihatnya.

Manuskrip Al-Qur’an pertama yang dipamerkan masih ditulis di atas lembaran kulit binatang. Manuskrip ini adalah lembaran Al-Qur’an sebelum disatukan menjadi sebuah kitab yang utuh.

Baca juga: Alquran Ini Hasil Sulaman Tangan Selama 32 Tahun, Habiskan 25.000 Benang

Di Museum Topkapi, salah satu manuskrip yang tersimpan adalah manuskrip Surat Al-Qadar.

2. Ruang Privy dan Kamar Relik Suci

Museum Topkapi memiliki ruangan yang dibangun di halaman dalam. Pembangunan berlangsung di masa Sultan Mehmed II. Ruang tersebut semula digunakan sebagai tempat pribadi Sultan yang dipakai hingga pertengahan abad ke-16.

Kini ruangan ini digunakan untuk penyimpanan benda-benda peninggalan abad ke-18 dan ke-19 yang dipindahkan secara bertahap ke Kamar Relik Suci dari Madinah.

Beberapa koleksi penting adalah barang peninggalan Rasulullah antara lain, mantel suci Nabi, rambut dari janggut Nabi, Jubah Fatimah, Relikui atau tempat menyimpan gigi Nabi, jejak kaki Nabi, surat, busur, dan pedang milik Nabi.

Pengunjung juga dapat menemukan peninggalan suci dari Nabi lain dan para sahabat Nabi Muhammad, seperti nampan yang dipakai Abraham, tongkat Musa, pedang Daud, dan lainnya.

Barang-barang yang ditugaskan untuk Ka’bah oleh para sultan seperti kunci, gerbang dan relikui Ka’bah untuk Batu Hitam atau al-Hajaru’l Aswad pun dapat pengunjung temukan di Museum Topkapi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Koleksi Pakaian Sultan

Ada sebuah tradisi, yaitu menggabungkan semua pakaian yang dikenakan para sultan dan pangeran yang baru meninggal, memberinya label, lalu menyimpannya di perbendaharaan istana.

Oleh karenanya, pengunjung akan menemukan koleksi pakaian sultan dan pangeran di Museum Topkapi. Semuanya merupakan peninggalan abad ke-15 sampai awal abad ke-10. Koleksi tersebut kemungkinan dijadikan contoh terbaik dari seni tekstil.

Kelengkapan koleksi tidak bisa diragukan lagi, karena terdapat berbagai bentuk pakaian seperti kaftan, turban, dan penutup yang ditempatkan dalam sarkofagus sultan di dinasti Ottoman.

Pakaian-pakaian itu bukanlah simbol estetika belaka, namun juga simbol status profesional, etnis, dan tingkatan sosial.

4. Potret Lukisan Sultan

Koleksi berharga lainnya adalah potret lukisan para sultan Utsmani. Totalnya mencapai 36 potret sultan penguasa. Koleksi ini tentunya tidak kalah menarik dengan koleksi-koleksi di Museum Mutter.

ilustrasi

Jenis lukisan pun bervariasi mulai dari lukisan minyak, ukiran, cat air, dan lukisan gading. Sayangnya, Museum Topkapi tidak memuat gambar Sultan Mehmed 11 yang memerintah dari tahun 1441-61 hingga 1451-81.

5. Perangkat Makan dari Perak

Koleksi lain yang menjadi pusat perhatian wisatawan adalah peralatan makan dari perak. Perangkat perak itu merupakan karya abad ke-16 sampai ke-19 dan menjadi bagian penting dari perbendaharaan kekaisaran Ottoman.

Terdapat sekitar 2.000 koleksi perak. Koleksi tertua adalah nampan bundar bertuliskan temple kaligrafi dari Sultan Suleiman yang Agung dan memerintah pada 1520 hingga 1566.

Koleksi peralatan makan perak antara lain satu set kendi, brazier, piring, satu set permen, dan juga teh. Benda perak unik lainnya adalah labu perak yang digunakan untuk menampung air selama upacara pembukaan Air Mancur Jerman tahun 1901 di Hippodrome.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini