Share

Cobain Deh 4 Kuliner Surabaya Ini, Rasane Muantep Rek

Natalia Christine, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 301 2372024 cobain-deh-4-kuliner-surabaya-ini-rasane-muantep-rek-Vpi5jyH1nC.jpg Sate klopo. (Foto: Instagram sasmitaedo)

KULINER Surabaya beragam jenisnya. Hampir semuanya enak dan dijamin bikin traveler ketagihan.

Tempat makannya pun umumnya jauh dari kesan mewah, namun cita rasa kelezatannya tak diragukan lagi. Dari mulai sate klopo, es krim, hingga pecel semanggi yang tak boleh Anda lewatkan.

Bahkan banyak pengunjung yang rela mengantri untuk mencicipi berbagai kuliner Surabaya. Berikut Okezone telah merangkum kuliner Surabaya yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Surabaya. Yuk simak deh!

Baca Juga: Sedapnya Nasi Briyani Kambing, Intip Resepnya Cuma Masak Pakai Rice Cooker

Sate Klopo Ondomohen

sate 

Klopo dalam bahasa Jawa memiliki arti yaitu kelapa. Sedangkan Ondomohen merupakan bahasa Belanda yang berasal dari nama jalan dimana pertama kali kedai ini didirikan.

Sate Klopo merupakan salah satu kuliner yang paling terkenal di Surabaya. Sate ini memiliki khas unik yang dilumuri dengan bumbu olahan kelapa yang telah disangrai kemudian dibakar. Dengan bumbu yang khas tersebut membuat sate yang berisikan daging sapi, ayam, serta usus ini memiliki rasa yang gurih saat dimakan.

“Sate Klopo Ondomohen..” dikutip Okezone dari postingan akun instagram @sasmitaedo

Dengan bermodalkan Rp20 ribu, pengunjung sudah mendapatkan sepuluh tusuk sate per porsinya. Selain itu, tersedia juga nasi serta lontong untuk menemani hidangan sate yang gurih dan lezat. Bagi traveler yang ingin mencicipi sate dengan bumbu olahan kelapa tersebut, dapat mengunjungi kedainya yang terletak di Jalan Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

 

Zangrandi Ice Cream

 es krim

Sambil menyusuri Kota Surabaya, tak ada salahnya traveler singgah dan mencicipi es krim yang legendaris ini. Es krim Zangrandi ini telah ada sejak 1930 yang didirikan oleh Roberto Zangrandi. Pria yang berkebangsaan Italia ini menggunakan resep dari sang istri untuk membuat es krim lezat yang banyak diminati masyarakat.

Pada 1960, ia kembali ke Italia, kemudian kedai serta resep es krim miliknya dibeli oleh seorang pengusaha winery yang bernama Adi Tanumulia.

Kedai es krim yang telah dikembangkan sejak lama oleh sang pengusaha ini berhasil mencuri dan menarik perhatian masyarakat. Kini kedai tersebut telah bercabang menjadi dua yang berlokasikan di Jalan Yos Sudorso Nomor 15 dan Pasar Atom Mall.

Jika traveler berkunjung ke salah satu kedai tersebut wajib mencoba beberapa varian es krim yang paling banyak diburu pengunjung. Seperti varian noodle ice cream, love deal, classic twinkle dan masih banyak lagi.

Varian noodle ice menawarkan keunikan es krim yang berbeda dari yang lainnya. Es krim ini berbentuk pasta spagheti yang menggelombang dengan rasa vanila di dalamnya yang dibanderol seharga Rp49 ribuan.

Tak cuma itu saja, ada juga varian love deal, varian ini menawarkan perpaduan rasa rasa terfavorit seperti vanilla, cokelat, rasberry, moka, stroberi dan kopyor yang disiram dengan saus cokelat. Untuk mendapatkan varian ini pengunjung dapat membayar dengan harga Rp70 ribuan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pecel semanggi

 pecel

(Foto: Instagram @diana_alia09)

Lapar saat berkeliling di Surabaya? Tenang, Anda bisa menikmati salah satu pecel yang legendaris dan paling banyak diburu pengunjung. Pecel yang satu ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu dari daun semanggi dan ditambahkan daun turi serta tauge.

Bumbu yang digunakan terbuat dari campuran ketela rambat, gula merah, kacang tanah, dan petis. Campuran ketela rambat yang terdapat dalam bumbu membuat pecel semanggi ini seperti ada manis-manisnya lho.

Makanan khas yang satu ini bisa kamu temukan di sekitaran Desa Kedung, Kecamatan Benowo, Surabaya. Desa ini disebut dengan nama “Kampung Semanggi” karena terkenal dengan budidaya tanaman semanggi yang dilakukan oleh warga setempat.

Selain itu juga, sebagian warganya berprofesi sebagai penjaja pecel semanggi. Untuk harga satu porsinya kurang lebih dibandrol seharga Rp10 ribu dan mendapat tambahan kerupuk puli yang dibungkus dalam daun pisang.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

 soto

Soto merupakan salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Campuran daging, sayur, bihun, serta kuah yang dipadukan dengan bumbu bumbu terasa lezat untuk dinikmati hangat hangat. Makanan yang satu ini umumnya saat mudah ditemui dimana saja, namun tentunya setiap daerah memiliki cita rasa yang khas dan berbeda beda.

Di Surabaya traveler bisa mencicipi salah soto yang digemari oleh pengunjung, yaitu Soto Ayam Lamongan Cak Har. Soto yang satu ini telah ada sejak tahun 1992. Merintis dengan berjualan dikaki lima, kini soto lamongan Cak Har telah memiliki beberapa rumah makan yang berdiri di Surabaya.

Soto yang dijual di rumah makan tersebut dikenal dengan suwiran daging ayam yang melimpah. Tak lupa juga disediakan tambahan lauk berupa ceker, kepala, jeroan, brutu serta kulit untuk menemani hidangan soto yang disajikan. Selain itu juga pengujung dapat menambah balungan (tulang) secara cuma-cuma jika dirasa kurang.

Harga yang ditawarkan untuk semangkuk soto yaitu Rp22 ribu, dengan sajian jeruk nipis serta koya yang gurih. Koya adalah kerupuk udang yang dihaluskan dengan campuran bawang putih. Dengan tambahan koya, membuat soto menjadi lebih lezat saat disantap.

“Memang makan di sini tuh puas banget gitu lho, porsinya mantab, rasanya enak dan ambil koya sepuasnya.. sambel dan jeruk nipis juga uda disediakan banyak.."

"Komplit pake Telur muda ayam bikin lidah mimin goyang guys.. Jelas ini sueger banget buat makan siang,” dikutip Okezone dari postingan Instagram akun @afterworking.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini