Share

7 Destinasi Paling Memacu Adrenalin via Ferrata dengan Pemandangan Spektakuler

Natalia Christine, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 408 2387025 7-destinasi-paling-memacu-adrenalin-via-ferrata-dengan-pemandangan-spektakuler-NSquME2br3.jpg Jalur ferrata di Austria (iStok/Getty Images/Euronews)

VIA ferrata merupakan sejenis jalur pendakian gunung atau bukit dengan menggunakan kabel atau kawat baja yang tertancap pada batu. Via ferrata berasal dari bahasa Italia yang berarti jalan besi.

Sementara fenomena via ferrata kini telah menyebar ke seluruh dunia, jejak berliku dari tangga logam, gang kayu, jembatan kabel, dan tangga yang berasal dari Perang Dunia I.

Pegunungan Alpen adalah garis depan utama dalam konflik, untuk memungkinkan pasukan Italia bergerak dengan cepat dan aman melalui medan yang sulit, dan di buatlah serangkaian jalur logam melalui pegunungan.

Baca juga: Pendakian Gunung Semeru Dibuka, Ini 4 Tips Mendaki di Malam Hari

Bervariasi dalam desain, panjang, dan tingkat keahlian, semuanya memiliki satu kesamaan, semuanya memberikan pemandangan yang spektakuler.

Berikut adalah tempat paling memacu adrenalin di Eropa melalui jalur ferrata seperti dilansir dari Euro News Travel, Rabu (31/3/2021) :

Italia

Rumah asli melalui ferrata, terdapat lebih dari 600 "jalur besi" yang berbeda di Dolomites. Beberapa rute memerlukan sedikit peningkatan sekitar 150 meter, sementara yang lainnya mendaki 1.200 meter ke atas atau lebih.

Prancis

Seperti halnya Italia, sebagian besar yang terbaik jalur ferrata di Prancis berada di Pegunungan Alpen. Satu satu cara untuk memuaskan para pemula dan penggemar dan dianggap paling cantik adalah le Rocher du Saint Julien di wilayah Drome.

Dengan panjang sekitar 1,6 km dan ketinggian vertikal 288 meter, akan membuat jantung Anda berdegup kencang dan cepat.

Swiss

Bergantung terayun ayun sekitar 1.800 meter di atas dasar lembah Lauterbrunnen bukanlah ide yang menyenangkan bagi semua orang. Tetapi pemandangan dari tangga dan jembatan tali di Mürren melalui ferrata tak tertandingi.

Ilustrasi

Via ferrata di Swiss (myswitzerland.com)

Rute 2,2 km membawa Anda pada tangga dan staples logam, tali pengikat, jembatan gantung, dan kabel zip di atas jurang.

Slovenia

Bentang alam pegunungan Slovenia yang spektakuler adalah salah satu rahasia Eropa yang paling terjaga. Kebanyakan orang berbondong bondong menuju Pegunungan Alpen di Perancis, Swiss, dan Italia untuk hiking, bermain ski, dan mendaki.

Baca juga: Dipecat karena Pandemi, Pilot Ini Kembangkan Kafe Unik Bertema Penerbangan

Sementara, Pegunungan Alpen Julian di Slovenia menawarkan keindahan yang murni tanpa keramaian.

Salah satu yang paling menantang dan popular melalui ferratas adalah pendakian ke puncak Gunung Triglav, yang menjulang setinggi 2.864 m di atas permukaan laut. Namun, pemandangan dari atas sepadan dengan tantangannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Austria

Austria mungkin dapat mengklaim paling banyak dengan lebih dari 900 jalur yang sesuai untuk pemula dan profesional. Mengingat banyaknya daerah pegunungan di Austria, masing masing memiliki ciri khasnya sendiri.

Romania

Terdapat banyak jalur yang dapat dipilih di negara Eropa tengah, termasuk Rasnoava Gorge (Cheile Rasnoavei) dan Turda Gorge (Cheile Turzii). Anda juga dapat mencoba Sugau Gorge (Cheile Sugaului) di mana permukaan batu setinggi lima blok menara 10 lantai yang berdiri dari ujung ke ujung.

Ilustrasi

Spanyol

Spanyol memiliki 50 rute via ferrata untuk dicoba, sebagian besar di Pyrenees di Catalonia dan perbukitan Andalucia. Hampir semua jalur Spanyol berada di dataran tinggi dalam jarak pendek dari kota kota besar termasuk Barcelona, Girona dan Malaga.

Meskipun umumnya dikaitkan dengan puncak, ada via ferrata yang menakjubkan untuk dicoba, yaitu di jurang Tajo di bawah kota Ronda di puncak bukit yang terkenal beserta jembatannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini