Share

Saat Kiamat, Golongan Manusia Ini yang Paling Sibuk Cari Alasan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 330 2391352 saat-kiamat-golongan-manusia-ini-yang-paling-sibuk-cari-alasan-9V6rbAOEiM.jpg Hari Kiamat pasti akan tiba. (Foto: Ilustrasi/Freepik)
A A A

JAKARTA - Saat kiamat tiba golongan manusia kufur akan sibuk mencari alasan pembelaan. Penyebab kufur salah satunya adalah terlalu cinta dunia serta ketidakpedulian mereka yang amat sangat akan kehidupan akhirat.

Nah golongan manusia inilah akan sibuk mencari alasan pembelaan saat kiamat. Apakah Allah Ta'ala mau menerima alasan golongan manusia seperti ini.

Allah Ta'ala berfirman:

كَلَّا بَلْ تُحِبُّوْنَ الْعَاجِلَةَ، وَتَذَرُوْنَ الْاٰخِرَةَ

Sekali-kali tidak! Bahkan kamu mencintai kehidupan dunia, dan mengabaikan (kehidupan) akhirat." (QS. Al-Qiyamah: 20-21).

Baca Juga: Kenali Saksi Anda Pada Hari Kiamat

Ustaz Dr Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA dikutip pada Kamis (8/4/2021) menjelaskan, pada Hari Kiamat kelak, orang-orang golongan ini  akan berusaha menyampaikan berbagai alasan agar maksiat dan kekufuran yang mereka lakukan dapat diampuni.

Namun Allah akan menolak semua alasan tersebut, karena sejatinya ia hanyalah silat-lidah mereka belaka. Alasan dan faktor yang sebenarnya nan utama dari kekufuran dan kemaksiatan yang mereka lakukan, adalah kecintaan mereka yang luar biasa terhadap kehidupan dunia.

"Selain itu serta ketidakpedulian mereka yang amat sangat akan kehidupan Akhirat," ujarnya.

Baca Juga: Hari Kiamat, Ini 6 Nama Lainnya yang Mengerikan

Ustaz Firanda juga menjelaskan dalam firman Allah Ta'ala :

 يَقُولُ الْإِنْسَانُ يَوْمَئِذٍ أَيْنَ الْمَفَرُّ (10) كَلَّا لَا وَزَرَ (11) إِلَى رَبِّكَ يَوْمَئِذٍ الْمُسْتَقَرُّ (12)

Pada hari itu manusia berkata, "Kemana tempat lari?” Tidak! Tidak ada tempat berlindung! Hanya kepada Tuhanmu tempat kembali pada hari itu. (QS Al-Qiyamah:10-12)

Pada hari kiamat kelak semuanya akan dikembalikan kepada Allah. Semua orang akan menjalankan aturan yang Allah jalankan pada hari itu.

Semua akan dihisab, semua akan menghadapi penimbangan amal, semua akan diperlihatkan catatan amalnya, semua akan dipaksa melewati shirath yang akhirnya menunjukkan tempat kembali seseorang, surga  atau neraka. Maka, persiapkanlah diri kita sebelum hari itu tiba.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini