Share

Silatuhrami Bukan Saja Pertemuan, Tetapi Mendorong Manusia Semakin Takwa

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 330 2391439 silatuhrami-bukan-saja-pertemuan-tetapi-mendorong-manusia-semakin-takwa-jxh6Kxa7Fj.jpg Silaturahmi virtual Pomparan Ompu Tambihul. (Foto:Okezone/Vitrianda Hilba Siregar)
A A A

JAKARTA - Menyambung tali silaturhami adalah perbuatan mulia, merangkul, mengumpulkan dan lebih mengikat kembali rasa persaudaraan menjelang puasa Ramadhan adalah hal yang baik.

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab, 

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983).

Baca Juga: Zuhud Itu Tidak Bangga Punya Harta dan Tidak Sedih Kehilangan Dunia

Begitu besar manfaat bersilaturahmi tersebut maka Pomparan Ompu Tambihul menggelar silaturahmi secara virtual. "Silaturahmi dilakukan secara virtual karena anggota keluarga besar ini berada bukan hanya di Indonesia namun menyebar sampai ke Saudi Arabia, Australia , Canada dan Amerika Serikat. Selain itu, silaturahmi virtual ini juga untuk mencegah penyebaran virus Covid-19," kata Basjaruddin Hutasuhut salah satu anggota yang dituakan pada silahturahmi virtual pada  Ahad (4/4/2021) lalu.

Pesan dari Ompu Tambihul, kata dia, adalah agar seluruh keturunannya beserta keluarga secara rutin berkumpul saat menjelang Ramadhan untuk saling berjumpa, menyapa dan memastikan seluruh keturunan Ompu Tambihul berada dalam keadaan sejahtera

Pertemuan rutin ini selain mempererat tali silaturahmi juga meningkatkan rasa tolong menolong kepada keluarga yang berkekurangan sehingga semua anggota bisa hidup sejahtera.

Baca Juga: Kenali Saksi Anda Pada Hari Kiamat

Basjaruddin mengatakan, sambunglah silaturahmi itu dengan berlemah lembut, berkasih sayang, wajah berseri, memuliakan, dan dengan segala hal yang sudah dikenal manusia dalam membangun silaturahmi.

Dengan silaturahmi, pahala yang besar akan diproleh dari Allah Azza wa Jalla. Silaturahim menyebabkan seseorang bisa masuk ke dalam surga. Silaturahim juga menyebabkan seorang hamba tidak akan putus hubungan dengan Allah di dunia dan akhirat.

Esensi dari silaturahmi, kata dia, tidak sebatas bersalaman (musafahah), bukan pula sekadar pertemuan (muwajahah), tetapi yang menyebabkan keluarga semakin taat kepada Allah SWT dan menjadikan kita terhindar dari perbuatan maksiat. Sebab, silaturahim adalah ketaatan dan amalan yang mendekatkan kepada Allah, serta tanda takutnya seorang hamba kepada Allah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini