Share

TMII Dikuasai Negara, Intip 5 Museum di Dalamnya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 408 2391363 tmii-dikuasai-negara-intip-5-museum-di-dalamnya-2N7hSKQQW3.jpg Penampilan tari silat harimau di anjungan Sumatera Barat di TMII Jakarta (Antara/Risyal)

TAMAN Mini Indonesia Indah (TMII) diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah, setelah 44 tahun dikuasai Yayasan Harapan Kita. milik keluarga Presiden Soeharto. Yayasan ini diketahui tidak pernah menyetor pendapatan TMII ke kas negara.

Pengambil alihan TMII oleh negara berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tantang TMII. Dalam Perpres yang diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut, TMII sekarang dikelola Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg).

Baca juga: Mengenal Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII yang Digugat oleh Perusahaan Singapura

“Kami berkewajiban untuk melakukan penataan, memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat. Dan memberikan kontribusi keuangan untuk negara,” kata Mensesneg Pratikno, Rabu kemarin.

ilustrasi

TMII berada di Pinang Ranti, Jakarta Timur. Taman wisata bertema budaya Indonesia berdiri di atas area 150 hektare. Isi di dalamnya menggambarkan kekayaan alam dan tradisi budaya Indonesia. Ada anjungan semua daerah di Indonesia, kemudian taman bermain, kebun binatang, aneka wahana, hingga museum.

Berikut 5 museum yang bisa dikunjungi di TMII.

Museum Indonesia

Di TMII, Anda dan anak-anak bisa belajar tentang budaya dan adat Indonesia. Semuanya bisa disaksikan di dalam Museum Indonesia. Museum ini terdiri dari 3 lantai yang memiliki berbagai tema. Anda bisa melihat banyak jenis wayang, miniatur rumah adat, pakaian adat, serta kisah kehidupan suku-suku asli Nusantara.

Baca juga: TMII Resmi Dikuasai Pemerintah, Mensesneg: Kami Berkewajiban Menata

Museum Transportasi

Bagi yang ingin mengenal berbagai jenis transportasi, Anda bisa masuk ke dalam Museum Transportasi. Anda bisa melihat alat transportasi tradisonal seperti bendi, becak dan sepeda. Hingga Abisa melihat transportasi besar seperti pesawat, miniatur kapal laut, bus, juga diorama yang menyajikan verita kehidupan di pelabuhan, terminal dan bandara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Museum Penerangan

Di dalam museum ini Anda bisa menyaksikan sejarah adanya radio, televisi, koran dan dunia pers. Museum Penerangan diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto, didirikan pada tahun 1993. Semua isi museum menunjukkan sejarah masa penerangan atau dunia siaran sejak dulu. Ditandai dengan sejaran siaran pertama TVRI yang menayangkan Asian Sea Games tahun 1952. Ada juga mobil siaran yang digunakan pada waktu itu dan diparkir di halaman museum.

Museum Fauna Komodo

Dari luar, Museum Fauna Komodo gedungnya sangat unik. Yaitu leher dan wajah hewan purba ini. Di sana Anda bisa mengulik sejarah adanya hewan purba komodo dan menggambarkan kawasan Taman Nasional Komodo. Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto tahun 1978.

Museum Asmat

Bagi Anda yang ingin menikmati kehidupan Suku Asmat asli Papua, Anda bisa mendatangi Museum Asmat di TMII. Gedung museum merupakan bangunan asli Papua yang diisi dengan benda-benda khasnya. Anda bisa menikmati sembari foto di sana. Tema pameran museum ini menggambarkan kehidupan masyarakat Papu dan kreativitasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini