Share

Tak Mau Kena Kanker Payudara? Rajin Makan Tempe Deh

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Kamis 08 April 2021 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 612 2391559 tak-mau-kena-kanker-payudara-rajin-makan-tempe-deh-HaJ79zsETc.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

SIAPA bilang menjaga kesehatan harus mahal? Mungkin Anda sering mendengar orang menghabiskan banyak uangnya agar tetap sehat, tapi pada kenyataannya kita hanya harus memilih mau hidup sehat atau tidak.

Salah satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan mengontrol apa yang masuk mulut Anda. Nah, siapa sangka hidangan sehat tidak melulu mahal, contohnya ada tempe.

Tempe merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia. Tempe memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh manusia. Dilansir Livestrong, ada beberapa manfaat tempe berdasarkan studi yang dipaparkan oleh peneliti dari Harvard.

Menekan risiko diabetes

Kacang kedelai kaya akan kandungan protein dan lemak tak jenuh. Makan banyak tempe, serta mengonsumsi makanan berbasis kacang kedelai lainnya, mampu menurunkan tingkat gula darah.

Kanker payudara

Cegah kanker payudara

Tempe mengandung 100 miligram isoflavon, yang merupakan fitonutrien yang mirip dengan estrogen manusia. Sementara senyawa ini menawarkan beberapa manfaat kesehatan, seperti kanker payudara. Tak hanya itu, penderita kanker payudara juga disarankan makan tempe supaya kadar estrogen dalam tubuhnya tetap stabil.

Meningkatkan metabolisme

Makan tempe dapat meningkatkan asupan protein Anda. Satu potong tempe mengandung 31 gram protein. Tempe mengandung protein lengkap berkualitas tinggi dan mengandung asam amino yang wajib didapatkan oleh tubuh. 

Kandungan proteinnya membantu Anda mempertahankan jaringan otot, serta membuat enzim sel Anda diperlukan tubuh. Karena sering makan tempa Anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik dan imunitas yang selalu terjaga. 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menekan nafsu makan

Makan tempe sangatlah mengenyangkan, sehingga dengan mudahnya Anda menekan nafsu makan. Itu karena tempe mengandung niacin yang sangat baik untuk dikonsumsi. 

Bagi yang diet untuk melangisngkan badan, biasanya disarankan untuk makan tempe oleh ahli gizi. Tapi pengolahan tempe yang sehat jangan digoreng ya!

Mencegah penuaan

Perempuan dalam hidupnya membutuhkan asupan kolagen yang melimpah. Dalam satu hari, Anda direkomendasikan mendapatkan asupan kolagen untuk mencegah penuaan. 

Kolagen sifatnya membantu perempuan untuk mencegah timbulnya kerutan kulit, wajah tidak cerah, noda hitam, jerawat, dan sebagainya. Tidak hanya perempuan, laki-laki yang makan tempe juga membantu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penyakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini