Share

Wisata Religi, 3 Masjid Tua di Amerika Serikat Masih Kokoh Berdiri

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 408 2395153 wisata-religi-3-masjid-tua-di-amerika-serikat-masih-kokoh-berdiri-2jph9ccEe3.jpg Islamic Center of Southerm California, Amerika Serikat (Foto theguibordcenter)

POPULASI Muslim di Amerika Serikat (AS) terus meningkat terutama didorong oleh banyaknya imigran yang masuk. Seiring dengan berkembangnya Islam di negara itu, maka kehadiran masjid sangat dibutuhkan. Sedikitnya ada tiga masjid tua di AS saat ini. Di mana saja?

Islam bukan agama baru di Amerika. Sebuah riwayat menyebutkan bahwa orang Islam sudah ada di sana sejak benua Amerika ditemukan.

Baca juga: 9 Fakta Menarik Masjid Istiqlal, Awal Dibangun hingga Pasca-Renovasi

“Ada Muslim dalam kapal-kapal Columbus. Mereka berlayar menjelajah dunia baru. Sepertiga budak yang diperkerjakan pada kapal-kapal itu adalah Muslim. Gedung Putih sendiri dibangun oleh para budak, termasuk Muslim,“ ujar Pakar Kajian Timur Tengah dari Columbia University, Hussein Rashid seperti dikutip dari VoA beberapa waktu lalu.

Dengan sejarah yang cukup panjang, tentu kebaradaan masjid juga semakin bertambah di Negeri Paman Sam. Masjid-masjid tersebut selain sebagai tempat ibadah dan kajian Islam, juga menjadi objek wisata religi. Berikut 3 masjid tua di AS :

1. The Mother Mosque of America

Berlokasi di Cedar Rapids, Iowa, Amerika Serikat, The Mother Mosque of America dibangun pada 1934 dan menjadi masjid tertua di Negeri Adi Daya tersebut.

Ilustrasi

The Mother Mosque of America (Foto Beautifulmosque)

Selain itu, masjid satu ini bukan hanya dijadikan sebagai tempat salat saja, namun difungsikan juga sebagai salah satu pusat kajian agama Islam.

Dikutip dari laman beautifulmosque, Dewan Islam Iowa mengambil alih bangunan ini pada 1991, diperbaharui dan dipulihkan statusnya sebagai pusat kebudayaan Muslim.

Baca juga: Wisata Religi, Melihat Wujud Rumah Nabi Muhammad SAW

Upaya itu terutama diselenggarakan oleh komunitas Muslim lokal yang dipimpin oleh Imam Taha Tawil dan Dr Thomas B. Irving.

2. Islamic Center of Washington

Islamic Center of Washington merupakan salah satu bagian dari simbol Islam di Amerika Serikat. Dalam artikel di beautifulmosque disebutkan bahwa masjid itu dibangun pada 1957 dan jadi tempat ibadah terbesar bagi Muslim.

Sejak awal berdiri, pengurus masjid yang juga dijadikan sebagai pusat Islam ini telah berkomitmen untuk menyebarkan pemahaman yang lebih baik tentang Muslim di Amerika Serikat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Islamic Center of Southern California

Terakhir, Islamic Center of Southern California, jadi satu-satunya masjid yang berada di kawasan Los Angeles. Dikutip dari islamicity, usianya sudah cukup tua yaitu didirikan pada 1952.

Kebanyakan jamaah masjid satu ini adalah para pelajar Muslim yang tengah menempuh pendidikan di UCLA dan University of Southern California.

Ilustrasi

Selain itu, jamaah di Islamic Center of Southern California juga para imigran Muslim dari negara-negara lain seperti dari Mesir, Burma, Pakistan, India, Iran dan Irak. Terlebih masjid ini juga jadi pusat kajian Islam di California Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini