Share

Alasan Masih Berada dalam Hubungan yang Tidak Sehat, Nomor 1 Takut Kehilangan

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Jum'at 16 April 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 612 2395339 alasan-masih-berada-dalam-hubungan-yang-tidak-sehat-nomor-1-takut-kehilangan-Tl4lsjocsH.jpg Hubungan tak sehat (Foto: Freepik)
A A A

Sebenarnya kamu kadang tahu kalau ada yang tidak beres dalam hubungan cinta kamu. Namun kadang kamu malah memilih tetap bertahan dalam hubungan cinta yang tidak sehat.

Sejujurnya, cukup sulit berada pada hubungan yang sudah kacau namun sulit melepaskan. Ketika sudah mau melepaskan, pasti datang pikiran, “Tapi dia mencintaiku.”

Berjuang untuk mempertahankan hubungan yang tidak sehat hanya akan menguras emosi dan pikiran. Kenapa ini bisa terjadi? Apa alasan kamu terus mempertahankan hubungan yang tidak sehat?

Seperti dilansir dari Femina India, apa saja yang membuat kamu tetap berada dalam hubungan yang sehat? Mungkin ini sejumlah alasannya.

hubungan tak sehat

1. Rasa takut kehilangan

Rasa takut kehilangan membuat kamu berpikir lebih keras tentang masa depan yang membuat kamu benar-benar bingung dan stres. "Bagaimana jika saya tidak menemukan orang lain yang lebih baik?"

Ini adalah pertanyaan paling umum yang muncul dibenak kamu saat berpikir untuk melepaskan hubungan kalian. Selalu muak dengan tarik ulur, namun pada saat yang sama kamu mendambakan cinta yang nyata.

2. Takut sendirian

Kamu takut sendirian sehingga meskipun kamu tahu dia bukan orang yang baik, kamu tetap bertahan bersama dia. Kamu selalu berpikir tidak ada orang lain yang bisa kamu harapkan selain dia.

Ingat, banyak orang di luar sana yang bisa membantu kamu. Mungkin kamu tidak bisa langsung menemukan. Namun kamu harus berani hidup sendiri dan belajar mandiri, jangan tergantung kepada orang lain dan jangan takut.

3. Dia menjadi kebiasaanmu

Kamu seperti kecanduan dia dan hal lain menjadi tidak menarik di mata kamu. Kamu sudah terbiasa dengan segala perilakunya sehingga ketika ia melakukan hal yang tidak sewajarnya kepada kamu, kamu merasa itu hal yang biasa saja. Padahal perilakunya mungkin tidak baik.

 

4. Insecure

Jika kamu insecure, jangan beranggapan bahwa orang lain dapat merasakannya juga. Kamu belajar untuk mengobati insecure-mu, dengan cara belajar mencintai diri sendiri. Kalau perlu cari bantuan psikolog.

Pergilah backpacking ke pegunungan dan temukan kedamaian. Tak usah mengajak pacarmu karena kamu sedang belajar mandiri tanpa dia, hingga kamu bisa melepaskannya.

5. Kamu kurang mencintai diri sendiri

Mungkin kamu kurang mencintai diri sendiri sehingga kamu butuh orang lain untuk mencintai kamu. Ini merupakan hal yang menyedihkan, sebab setiap orang bisa saja kehilangan cinta dalam perjalanannya bersamamu. Oleh karena itu kamu harus belajar lebih mencintai dirimu sendiri, langkah pertama, terima kekurangan dan kelebihanmu, lalu sayangi dirimu sendiri dengan berbuat baik kepada dirimu sendiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini