Share
Advertisement

Lindungi Channel YouTubemu dari Hacker, Berikut Tips-Tipsnya

Dini Listiyani , Jurnalis-Jum'at 16 April 2021 13:40 WIB
Foto: Reuters.
Foto: Reuters.
A
A
A

JAKARTA - Hacker berhasil membobol channel YouTube Gen Halilintar dan Thoriq. Anak sulung dari keluarga Gen Halilintar, Atta, mengingatkan para YouTuber untuk mengamankan akun mereka.

Atta berpesan kepada konten kreator di Indonesia supaya tidak mengklik link-link sembarangan. Pada dasarnya, Google, pemilik YouTube juga telah memberikan beberapa tips bagi pengguna platform berbagi video.

BACA JUGA: Thariq Halilintar Panik, Channel YouTube Pribadinya dan Keluarga Diretas

Para pembuat konten di YouTube bisa mengamankan akun YouTube dengan menjalankan beberapa cara. Menurut video yang diunggah Google untuk mengamankan akun YouTube, ada 4 langkah sederhana untuk mengamankan akun. Nah, bagi pemilik akun YouTube, perlu mengetahi cara agar akun YouTube tidak mudah di-hack. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dicoba sebagaimana dikutip dari video YouTube Creator, Jumat (16/4/2021).

1. Nyalakan Verifikasi Dua Langkah untuk Akun

Verifikasi dua langkah membantu mencegah hacker masuk ke akun, meskipun mereka mendapatkan akses ke informasi login Anda. Aktifkan fitur dengan membuka myaccount.google.com/security.

Kemudian, klik verifikasi dua langkah lalu tekan Get Started. Setelah memverifikasi informasi akun, Anda akan bisa menyetel perangkat untuk menerima notifikasi keamanan.

BACA JUGA: YouTube Blokir 5 Saluran Milik Militer Myanmar

Untuk penggunaan di ponsel, pastikan Anda telah login ke akun Google. Untuk mengirimkan notifikasi keamanan ke ponsel, klik 'Try Now.'Setelah mengetuk "Ya" di perangkat, Anda akan diminta untuk menyetal opsi SMS atau panggilan telepon cadangan. Usai mengonfirmasi opsi cadangan ini, klik Aktifkan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah.

2. Setel dan Periksa Izin Channel-level Anda Secara Rutin

Penting untuk mengetahui siapa saya yang dapat mengakses channel Anda. Agar tetap aman, periksa izin secara berkala dan hapus orang yang tidak Anda kenal atau tidak seharusnya memiliki akses.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement