Share

7 Tips Mengolah Sayuran agar Nutrisinya Tidak Hilang, Cocok Dipraktikkan Selama Puasa

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Jum'at 16 April 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 298 2395955 7-tips-mengolah-sayuran-agar-nutrisinya-tidak-hilang-cocok-dipraktikkan-selama-puasa-RFnDdJpgyj.jpg Sayur hijau (Foto: Parade)
A A A

Pemilihan makanan yang tepat dapat membuat stamina Anda tetap prima meski harus berpuasa menahan haus dan lapar hingga lebih dari 13 jam. Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan adalah olahan sayuran.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui saat memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang saat diolah.

Berikut MNC Portal rangkumkan 7 tips ampuh mengolah sayuran yang bisa Anda praktikkan di rumah, sebagaimana dikutip dari buku Aneka Resep Sayur Berkuah Sehari-hari, karya Emy Umar, Senin (16/4/2021).

sayuran

1. Nutrisi dalam sayuran mudah larut dalam air. Jadi akan lebih baik bila mencuci sayuran sebelum memotong atau mengupas kulitnya. Cucilah dengan air yang mengalir untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Kenali cara memasak setiap sayur dengan baik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena setiap jenis sayuran memiliki cara penanganan yang berbeda.

3. Potong sayuran tipis atau dalam ukuran kecil saja agar tidak membutuhkan waktu yang lama saat memasaknya.

4. Jangan merebus sayur terlalu lama. Ini adalah tips kuno yang mungkin sering Anda dengar. Memasak sayuran terlalu lama akan merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Masak lah sayuran dalam air mendidih dan angkat sayur ketika warnanya mulai berubah.

5. Bila memasak sayuran berkuah, bumbui kuah hingga terasa pas di lidah, lalu masukkan sayuran. Masak sebentar hingga sayuran berubah warna.

6. Sajikan olahan sayuran secepatnya, karena menu ini memang paling pas disajikan selagi panas.

7. Terakhir, jangan panaskan sayur yang sudah masak! Apabila terpaksa, panaskan sekali saja. Hal ini untuk mencegah hilangnya nutrisi sayuran.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini