Share

Hutama Karya Jual 3 Rus Tol Trans Sumatera

Giri Hartomo , Okezone · Jum'at 16 April 2021 22:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 320 2396079 hutama-karya-jual-3-rus-tol-trans-sumatera-YxJM9qi2c2.jpg Jalan tol (Shutterstock)
A A A

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) bakal melakukan divestasi pada beberapa ruas tolnya. Divestasi yang dilakukan untuk menutupi beban utang dari perusahaan BUMN Karya ini.

Direktur Utama Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan, ada tiga ruas tol yang akan ditawarkan kepada investor lewat program divestasi. Ruas jalan tol yang dimaksud seperti Medan-Binjai, Bakauheni-Palembang, dan Pekanbaru-Dumai, yang merupakan jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca juga: Dahlan Iskan Soroti Keuangan BUMN, Dirut Hutama Karya: Bisnis Ini Sangat Berisiko

“Hasil dari penjualan divestasi dari ruas-ruas tersebut akan kami gunakan untuk menurunkan pinjaman," ujarnya dalam acara Webinar Mengukur Infrastruktur, Jumat (16/4/2021).

Selain melakukan divestasi, perseroan juga rencananya akan menerbitkan global bond. Namun untuk strategi ini, pihaknya masih menunggu kondisi pasar yang berkembang pada tahun inin dan tahun depan.

 Baca juga: Baru Menjabat, Bos Hutama Karya Mau Tertibkan Anak Usaha

Di sisi lain lanjut Budi, pihaknya jug sedang mempersiapkan diri untuk melepas tiga anak usahanya di bursa saham atau Initial Public Offering (IPO). Ketiga anak usaha tersebut yakni PT HK Infrastruktur, PT Hakaaston dan PT HK Realtindo.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Budi menambahkan, HKI direncanakan akan IPO pada semester II tahun ini. Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan-persiapan agar target tersebut bisa terealisasi.

Dari IPO tersebut lanjut Budi, pihaknya menargetkan bisa meraup dana segar sebesar Rp2 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perseroan.

HKI sendiri ini saat ini tengah mengerjakan sejumlah proyek yakni jalan tol. Seperti misalnya, Tol Indralaya-Prabumulih, Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tol Binjai-Pangkalan Brandan, Tol Taba Penanjung–Bengkulu, dan Tol Padang-Sicincin.

Sementara itu, ada sejumlah proyek yang sudah selesai meliputi jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Tol Medan-Binjai Seksi 1 , Tol Palembang-Indralaya, Tol Medan-Binjai Seksi 2 (Helvetia – Sei Semayang) dan Seksi 3 (Sei Semayang – Binjai), dan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

“Kami harapkan dari IPO HK Infrastruktur ini kami bisa dapat dana segar sebesar Rp2 triliun, sehingga kami bisa kembangkan HK Infrastruktur lebih maju lagi,” jelasnya.

Sementara Hakaaston dan PT HK Realtindo (HKR) yang ditargetkan bisa melantai di pasar modal masing-masing di 2022 dan 2023. Hakaaston merupakan anak usaha yang bergerak di bidang usaha aspal beton (hot mix), beton ready mix, jasa konstruksi, dan perdagangan, sementara, HK Realtindo memiliki bisnis yang berkaitan dengan sektor properti.

“Jadi, program kami setiap tahun satu. Tahun ini kami harapkan HK Infrastruktur, kemudian tahun depan Hakaaston dan 2023 HK Realtindo. Dengan demikian saya kira kami akan bisa persiapkan dengan baik sehingga kami bisa hasilkan yang baik juga,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini