Share

Esensi Pesan Zakat: Harta Kekayaan Jangan Beredar di Kalangan Orang Kaya Saja

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 330 2395941 esensi-pesan-zakat-harta-kekayaan-jangan-beredar-di-kalangan-orang-kaya-saja-012gxxKsGh.jpg Dalam Islan diatur bagaimana menunaikan zakat. (Foto: Freepik)
A A A

JAKARTA - Pesan utama dari zakat adalah mengingatkan masyarakat agar harta kekayaan tidak boleh beredar hanya di kalangan orang-orang kaya saja.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar berharap akan semakin menumbuhkan kesadaran berzakat di kalangan umat Islam dan pengusaha muslim di Tanah Air.

"Zakat adalah kewajiban finansial atas pendapatan dan harta kekayaan yang wajib ditunaikan menurut ketentuan Islam," ungkap Fuad dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Dalam tinjauan teori ekonomi pembangunan Islam, lanjut Fuad, zakat sebagai instrumen ekonomi syariah memainkan peran penting dalam distribusi pendapatan dan kekayaan secara adil sehingga mendorong konsumsi dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Arti Takjil Ternyata Bukan Hidangan Buka Puasa, Begini Maksudnya

"Setiap orang dengan kelebihan rezeki yang dianugerahkan oleh Allah harus memikirkan dan berbuat terhadap kepentingan umum dan hajat hidup orang banyak," lanjutnya.

Fuad juga mendorong agar kaum dhuafa tidak segan untuk meminta hak-haknya sebagai mustahik zakat pada lembaga zakat yang resmi. Hal ini justru menghindari mereka dari perbuatan yang tidak dibenarkan dalam ajaran Islam karena alasan desakan ekonomi.

"Ini perlu saya garisbawahi untuk menjaga harga diri umat Islam dari meminta-minta atau terjerumus pada perbuatan yang tidak baik akibat desakan kebutuhan ekonomi," tutupnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini