Share

Tak Batalkan Puasa, Begini Cara Atasi Perut Kembung Tanpa Obat

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 16 April 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 612 2396036 tak-batalkan-puasa-begini-cara-atasi-perut-kembung-tanpa-obat-buMVZGoFN8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

MAKAN makanan yang membuat banyak gas di perut memang bisa menyebabkan masalah bagi perut kita. Adanya udara di dalam perut memang bisa mengganggu aktivitas keseharian kita.

Kalau sudah begini, biasanya Anda langsung mencari obat anti-kembung. Tapi, saat puasa seperti ini akan timbul keraguan untuk meminum obat.

Nah, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung tanpa minum obat. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan pijatan di titik tertentu pada perut. Seperti apa? Berikut penjelasan lengkapnya yang dikutip dari Timesofindia :

Titik Tekan 1

perut kembung

Meletakkan telapak tangan tepat di atas pusar itu adalah titik tekanannya. Kemudian tekan dan pijat titik tekanan searah jarum jam selama 1 menit.

Pijatan ini akan membantu mengurangi gas dalam perut. Jadi, perut kembung tidak akan mengganggu aktivitas Anda. Meski demikian, Anda perlu melakukan pijatan ini pelan-pelan, agar perut tidak terasa sakit.

Titik Tekan 2

Titik Pijat

Kemudian letakkan satu jari di atas pusar ke titik tekanan. Lalu tekan dan pijat kembali titik tekanan searah jarum jam selama 1 menit.

Lakukan kembali pijatan di titik yang sama secara berlawanan arah jarum jam selama 1 menit. Pijatan ini akan membantu mengurangi retensi air dan menghilangkan sakit perut.

Titik Tekan 3

Titik Tekan di perut

Letakkan satu jari di bawah perut untuk menemukan titik pijat searah jarum jam. Lakukan kembali dengan berlawanan arah jarum jam selama 1 menit.

Cara ini akan membantu menghilangkan gas lebih cepat dan meningkatkan aktivitas usus. Jadi, kini perut kembung sudah bukan masalah lagi, lakukan teknik pijat ketika masalah tersebut kembali datang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini