Share

Cara Ampuh Menjaga Interior Mobil Tetap Bersih dan Rapi

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 04 Mei 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 15 2405419 cara-ampuh-menjaga-interior-mobil-tetap-bersih-dan-rapi-mlOvZkdOzv.jpg Foto: Dok.Freepik

Apakah Anda sadar bahwa kondisi mobil dapat mencerminkan profil pemilik atau pengendaranya? Ketika melihat eksterior mobil yang bersih, itu tandanya sang pemilik merawat kendaraannya dengan baik. Namun tidak cukup hanya terlihat bersih dari luar, bagian interior mobil pun perlu diperhatikan kebersihannya.

Interior mobil yang bersih dan rapi dapat membuat Anda merasa lebih nyaman saat mengendarai mobil. Penumpang pun merasa betah di perjalanan meski bepergian jarak jauh. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk pergi ke salon mobil, yuk coba bersihkan sendiri interior mobil Anda. Tidak perlu meninggalkan mobil di salon, Anda dapat menghemat waktu dan biaya.

Membersihkan interior mobil sendiri juga tidak sulit. Ingin tahu caranya menjaga interior mobil tetap bersih dan wangi dengan mudah? Berikut tips selengkapnya:

1. Bersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil merupakan salah satu bagian yang sering terabaikan kebersihannya oleh pemilik mobil. Padahal, bagian tersebut mudah kotor dan berjamur. Debu yang masuk dari luar ketika jendela atau pintu dibuka, akan mudah menempel di plafon.

Apa lagi jika Anda suka merokok di dalam mobil, plafon mobil akan jadi cepat kotor karena asap rokok yang menempel di sana. Jadi jangan lupa untuk membersihkan plafon saat Anda beberes interior mobil. Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus mobil dan sikat halus.

 

Foto: Dok.ACE Hardware

Salah satu cairan pembersih khusus mobil yang bisa Anda gunakan adalah Smartwax Smart Cleaner. Cairan pembersih ini dapat digunakan di seluruh permukaan interior mobil. Tidak hanya membersihkan, produk ini juga bisa menghilangkan bau tak sedap. Cairannya tidak berwarna dan tidak berbau. Efektif menghilangkan berbagai noda juga seperti noda oli, teh, kopi, dsb.

2. Gunakan Organizer Mobil

Foto: Dok.ACE Hardware

Supaya barang tidak berserakan dan membuat mobil terlihat berantakan, Anda dapat memasang organizer tambahan di belakang jok mobil. Interior mobil jadi terlihat rapi dan Anda punya tambahan ruang untuk menyimpan barang. Ketika mencari barang yang Anda butuhkan juga jadi lebih mudah karena semuanya tertata di dalam satu tempat.

Salah satu organizer mobil yang bisa Anda pilih adalah Otto Klasse Tas Organizer. Memiliki dimensi 41.5 x 1 x 58.5 cm, organizer ini cocok untuk segala jenis mobil. Pemasangannya sangat mudah dan tidak menghalangi pergerakan kaki selama di dalam mobil. Anda dapat menggunakannya sebagai tempat penyimpanan botol minum, tisu, payung, majalah hingga aksesori kecil lainnya. Otto Klasse Tas Organizer bisa diperoleh di ACE Indonesia.

3. Ganti Karpet Mobil yang Sudah Usang

Foto: Dok.ACE Hardware

Karpet mobil wajib dipasang untuk melindungi bagian lantai dasar mobil dari berbagai kotoran, debu atau noda. Penggunaan karpet mobil juga membantu agar lantai dasar mobil tetap kering dan tidak licin, terutama saat hujan.

Jika karpet mobil Anda sudah usang atau berubah warna, saatnya ganti dengan yang baru. Anda dapat menggunakan Carfit Set Karpet Mobil. Terbuat dari bahan anti-slip, karpet mobil Carfit ini mudah dibersihkan dan dapat digunakan untuk semua jenis mobil.

Satu set terdiri dari dua buah karpet untuk bagian depan dan sisi kemudi, serta dua karpet bagian tengah untuk sisi penumpang. Anda dapat memperoleh set karpet mobil Carfit ini di ACE Indonesia. Ada tiga pilihan warna untuk disesuaikan dengan interior mobil Anda: beige / krem, abu-abu atau hitam.

4. Perhatikan Kebersihan Jok

Setiap mobil memiliki material jok yang berbeda-beda. Nah, banyak pemilik mobil yang melakukan kesalahan saat membersihkan jok karena tidak memperhatikan fakta bahwa material berbeda membutuhkan teknik pembersihan yang juga berbeda.

Jika material jok terbuat dari fabric atau kain, Anda dapat membersihkannya dengan cairan pembersih khusus fabric. Jika terbuat dari kulit, Anda harus menggunakan cairan pembersih khusus kulit supaya material jok tidak pecah, berubah warna dan rusak. Cairan pembersih kulit juga biasanya dilengkapi wax untuk mengembalikan kilau kulit dan melindunginya dari sinar UV.

Agar jok tidak cepat kotor, Anda juga dapat menggunakan alas jok atau alas tempat duduk mobil. Selain melindungi jok, penggunaan alas tempat duduk mobil ini juga bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Seperti Otto Klasse Alas Tempat Duduk Mobil yang terbuat dari memory foam empuk dan lembut.

Foto: Dok.ACE Hardware


Alas duduk ini didesain didesain untuk memberi kenyamanan saat berkendara serta mengurangi risiko kelelahan saat berkendara jauh. Alas duduk dengan dimensi 63 x 50 x 5 cm ini sangat mudah dipasang dan dibuka. Anda dapat memperoleh alas jok Otto Klasse di ACE Indonesia. Selain warna krem, juga tersedia warna lainnya yaitu abu-abu dan hitam.

5. Letakkan Pengharum Mobil

Foto: Dok.ACE Hardware

Agar udara di dalam kabin mobil terasa lebih menyegarkan, letakkan pengharum mobil dengan aroma yang Anda sukai. Supaya lebih praktis, pilih pengharum mobil yang berbentuk padat untuk menghindari isi cairan tumpah atau bocor.

Salah satu pengharum mobil berbentuk padat yang perlu Anda coba adalah Paradise Air Pengharum Mobil Organik. Pengharum mobil asal Amerika Serikat ini memiliki keharuman yang tahan hingga 60 hari. Di bagian tutupnya terdapat control cap untuk memudahkan kita mengatur intensitas atau tingkat keharuman yang diinginkan.

Pengharum mobil organik Paradise Air memiliki berbagai pilihan aroma di antaranya:

● Riptide Reef - aroma lautan

● Bimini Breeze - kombinasi aroma lautan, jeruk dan melon

● Black - kombinasi aroma kayu dan citrus

● Gold - aroma permen karet

● Strawberry

● Cherry

6. Gunakan Air Purifier Mobil

Foto: Dok.ACE Hardware

Sering bersin saat berada di dalam mobil? Mungkin itu tandanya ada alergen yang memicu alergi Anda. Supaya udara di dalam mobil bersih, letakkan air purifier khusus mobil yang dapat menyaring debu halus dan membunuh virus. Seperti penjernih udara Pure Aria dari Flamingo yang dapat dioperasikan dengan mudah menggunakan kabel USB. Tersedia dalam dua pilihan warna: biru dan putih.

Nah itu dia beberapa kiat menjaga interior mobil tetap bersih dan wangi. Selamat mencoba! Seluruh produk yang disebutkan di atas bisa Anda peroleh di store ACE terdekat, ACE Online dan aplikasi MISS ACE.

CM

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini