Share

Agseisa: Apa Itu Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran? Ini Jawaban Ustadz Najmi!

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 330 2405237 agseisa-apa-itu-lailatul-qadar-dan-nuzulul-quran-ini-jawaban-ustadz-najmi-SShCkM4ox0.jpg Program Acara Nunggu Bedung. (Foto: Channel Youtube StarHits)
A A A

JAKARTA - Bulan suci Ramadhan tentu berkaitan erat dengan peristiwa-peristiwa besar dalam agama islam, seperti lailatul qadar dan nuzulul quran. Sudah tahukah kamu arti-arti dari dua peristiwa ini?

Di acara Nunggu Bedug, Ustadz Najmi Fathoni akan berbagi informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik. Walaupun di Ramadhan kali ini kita tetap perlu untuk membatasi pergi ke luar rumah, kita bisa tetap belajar dan menggali banyak informasi baru dengan media sosial.

Pertanyaan ini disampaikan oleh penyanyi cantik Agseisa yang bertanya tentang lailatul qadar dan nuzulul quran.

“Saya penasaran banget, apa sih sebenarnya lailatul qadar dan juga nuzulul quran? Seperti apa sih tanda-tandanya?” tanya Agseisa.

Lailatul qadar yaitu malam saat pertama kali turun ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan nuzulul quran merupakan peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap.

Ustadz Najmi pun bercerita sejarah saat turunnya Al-Quran yaitu QS. Al-Alaq ayat 1-5. Setelah nuzulul quran terjadi banyak perubahan terhadap risalah kerasulan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: 10 Malam Terakhir Ramadhan, Nabi Muhammad SAW Bangunkan Fatimah dan Ali bin Abi Thalib

Lailatul qadar pun seringkali disebut sebagai malam yang keutamaannya lebih baik dari 1000 bulan. Seperti yang disebutkan pada QS. Al-Qadr ayat ke 3 yang berbunyi:

”Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan”

Ustadz Najmi juga mengungkapkan tanda-tanda datangnya lailatul qadar yaitu ketika udara terasa sejuk dan tenang, dan malam terasa lebih lambat pergerakannya. Malam ini umumnya terjadi pada 10 terakhir di bulan Ramadhan.

Ia mengutip dari Imam Al-Ghazali yang menyebutkan bahwa jika bulan Ramadhan mulai di hari Senin maka kemungkinan lailatul qadar jatuh pada tanggal 21, jika Ramadhan diawali dengan hari Selasa atau Jumat, maka lailatul qadar kemungkinan jatuh pada tanggal 27, jika mulai di hari Sabtu maka kemungkinan lailatul qadar jatuh di tanggal 23, dan jika mulai di hari Minggu kemungkinan lailatul qadar jatuh di tanggal 29. Ustadz Najmi juga mengungkapkan pandangan imam lain mengenai tanggal-tanggal lailatul qadar tersebut.

Simak tausiyah dari Ustadz Najmi selengkapnya hanya di YouTube channel StarHits!

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini