Share

Muslimin Rajin Amalkan Alquran Bakal Harum dan Manis seperti Buah Utrujah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 330 2405372 muslimin-rajin-amalkan-alquran-bakal-harum-dan-manis-seperti-buah-utrujah-xTOzNYF1cZ.jpg Al-Quran. (Foto:Freepik)
A A A

JAKARTA - Mengamalkan Al-quran adalah salah satu amal kebaikan yang menghasilkan pahala besar. Keutamaan seorang Muslim yang mengamalkan ajaran-ajaran dalam kitab suci Al-Quran ibarat manisnya buah utrujah. Nama buah utrujah mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, tapi perlu diketahui bahwa buah ini cukup mulia.

Sebagaimana dinukil dari buku 'Berkah-berkah Sepertiga Malam yang Terakhir' karya Wahyudi Nuur Arifin disebutkan, Buah Utrujah merupakan buah yang sangat harum aromanya, warnanya juga sangat indah. Tentu saja buah ini bukan buah sembarangan. Seharum aromanya dan seindah warnanya, rasanya pun sungguh manis melengkapi keunggulan buah ini dari jenis buah-buah yang Iain.

Selain itu, buah utrujah bisa dimiliki semua orang mukmin. Buah yang sangat langka pada masa sekarang ini, tetapi sangat mudah didapatkan terutama pada buIan Ramadhan yang penuh dengan kemuliaan.

Baca Juga: Kisah Sahabat Nabi yang Memperdebatkan Lailatul Qadar, Jawaban Rasulullah Ternyata di Luar Dugaan

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Perumpamaan orang mukmin yang membaca Alquran adalah seperti buah utrujjah; aromanya wangi dan rasanya enak. Orang mukmin yang tidak membaca Alquran ialah seperti buah kurma; tidak ada wanginya, tetapi rasanya manis. Orang munafik yang membaca Alqurna adalah seperti tumbuhan raihanah (kemangi); aromanya wangi, tetapi rasanya pahit. Sedangkan orang munafik yang tidak membaca Alquran ialah seperti tumbuhan hanzhalah; tidak ada wanginya dan rasanya pahit." (HR Bukhari dan Muslim).

Buah utrujah merupakan sebuah perumpamaan, yakni disebutkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam untuk menyebut seorang mukmin yang selalu membaca Alquran, menjaga (menghafal) dan mengamalkan ajaran Alquran.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seorang mukmin yang senang membaca Alquran karena Allah Subhanahu wa ta'ala, maka akan selalu mengeluarkan harum, namanya pun akan tetap harum, walaupun ia sudah tiada lagi di dunia.

Seorang mukmin yang senang membaca Alquran karena Allah Subhanahu wa ta'ala akan memancarkan sinar yang indah bercahaya sehingga semua orang akan terpesona kepadanya.

Kemudian yang paling penting, seorang mukmin yang senang membaca Alquran akan selalu menebarkan perkataan-perkataan manis, penuh hikmah dari lisannya, dan perbuatannya pun semanis apapun yang diucapkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini