Share

Upaya 25 Tahun Bill Gates Keluarkan Porsche 959 dari Penyitaan

Wahyu Sibarani, Koran SI · Selasa 04 Mei 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 52 2405261 upaya-25-tahun-bill-gates-keluarkan-porsche-959-dari-penyitaan-u8jRAjaVYd.jpg Bill Gates dan Porsche 959. (Foto: ist.)

AMERIKA SERIKAT – Orang terkaya di dunia, Bill Gates ternyata memiliki catatan yang menarik di dunia otomotif. Pendiri Microsoft yang baru saja bercerai dengan pasangannya Melinda French itu ternyata banyak melakukan hal-hal menarik yang berhubungan dengan kendaraan roda empat.

Di balik sosoknya yang kalem dan tenang, ternyata Bill Gates memiliki bara api yang tidak bisa ditahan jika berurusan dengan mobil. Dia bahkan cenderung ceroboh dan nekat jika sudah berada di balik kemudi.

BACA JUGA: Dua Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates dan Melinda Memutuskan Bercerai

Setidaknya situs All Car Leasing dari Inggris pernah memasukkan namanya sebagai tokoh atau selebritas paling ceroboh dalam mengendarai mobil. Dalam daftar itu Bill Gates bersanding dengan selebritas lainnya yang kontroversial dan sangat dimaklumi jika berurusan dengan polisi seperti penyanyi DMX, Pete Doherty, Kylie Jenner dan Justin Bieber.

Tercatat ada empat kali Bill Gates melakukan pelanggaran lalu lintas. Dia ditahan karena pernah mengemudikan mobil tanpa SIM dan ngebut. Pada 1977 dia ditahan lagi karena terbukti tidak punya SIM saat membawa mobil dan pernah ketahuan menerobos lampu lalu lintas yang menyala merah.

Bill Gates memang begitu mencintai otomotif. Dia akan berupaya keras mewujudkan berbagai hal otomotif yang dia sukai. Termasuk kecintaannya pada mobil-mobil buatan Porsche. Kecintaan Bill Gates pada Porsche memang tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA: Total Kekayaan Bill Gates Usai Bercerai

Dia kerap terlihat mengendarai Porsche 911 dan model Porsche lainnya. Namun yang paling jadi pembicaraan adalah sebuah mobil bernama Porsche 959.

Saat pertama kali dirilis pada 1986, Porsche 959 adalah Porsche yang paling canggih dan bertenaga. Mobil dengan mesin flat-six turbo ganda itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 444 daya kuda dan torsi maksimal 369 lb-ft. Mobil itu juga dibuat dengan menggabungkan elemen mobil balap reli dan mobil konsep yang sudah lama disiapkan oleh Porsche.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keistimewaan mobil itulah yang membuat Bill Gates terpincut. Dia pun memesan mobil itu agar dibawa ke Amerika. Sialnya begitu sampai di Amerika mobil itu justru langsung disita oleh pihak imigrasi. Pasalnya mobil itu tidak memenuhi regulasi homologasi dan belum melakukan uji tabrak yang ada di Amerika. Alih-alih mampu membawa mobil itu pulang, Bill Gates justru hanya bisa melihat mobil itu ditaruh di lokasi penyitaan.

Upaya demi upaya memang dilakukan Bill Gates hanya saja semuanya terpentok pada aturan yang tersedia. Puluhan tahun berselang, Bill Gates ternyata tidak pernah lupa dengan mobil tersebut. Baru saat Bill Clinton menjadi Presiden Amerika Serikat ke-42 peluang itu muncul.

Saat itu Bill Clinton tengah meneliti undang-undang Show and Display yang diajukan oleh Federal Motor Safety Standars (FMVSS). Dalam peraturan itu setiap warga Amerika diizinkan memiliki mobil yang memang memiliki nilai sejarah dan teknologi yang tinggi. Mobil yang dimaksud juga harus diproduksi dalam jumlah terbatas. Alias benar-benar edisi spesial yang tidak akan banyak ditemukan di jalan.

Undang-undang itulah yang akhirnya menyelamatkan Bill Gates. Mobil Porsche 959 memang dibuat dalam jumlah terbatas yakni 337 unit dimana satu unit di Amerika adalah milik Bill Gates. Peluang itu pun langsung dimanfaatkan oleh Bill Gates. Akhirnya setelah undang-undang ditandatangani Bill Clinton, pendiri Microsoft itu pun akhirnya bisa membawa pulang mobil kesayangannya itu dari lokasi penyitaan.

Total waktu yang dihabiskan oleh Bill Gates untuk bisa membawa pulang dan mengendarai Porsche 959 itu disebutkan Dupont Registry mencapai 25 tahun.

(DKA)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini