Share

Merawat Tanaman Hias Ternyata Bisa Jaga Berat Badan dan Daya Ingat Lho

Antara, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405604 merawat-tanaman-hias-ternyata-bisa-jaga-berat-badan-dan-daya-ingat-lho-3pQIwXI7AN.jpg Merawat tanaman hias di rumah. (Foto: Jcomp/Freepik)
A A A

MASYARAKAT perkotaan di masa pandemi covid-19 ini akrab dengan kegiatan urban farming atau berkebun memanfaatkan lahan yang ada di rumah. Perlahan kegiatan ini mulai populer dan sejumlah orang menghadirkan berbagai inovasi, salah satunya merawat tanaman hias.

Dari sisi kesehatan, selain sebagai cara memaksimalkan waktu di rumah, merawat tanaman hias juga bisa membantu meningkatkan kesehatan, salah satunya untuk melawan penyakit.

Selain itu masih banyak manfaat lain dari kegiatan merawat tanaman hias, simak ulasannya berikut ini, seperti disitat dari Antara.

Baca juga: 4 Cara Sederhana Rawat Tanaman Hias Tetap Subur dalam Waktu Lama 

1. Bantu jaga berat badan dan kualitas tidur

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut berkebun (bagian dari bertanam) bisa membangun kekuatan, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Aktivitas seperti memotong rumput mungkin termasuk kategori olahraga ringan hingga sedang, sedangkan menyekop, menggali, dan memotong kayu dapat dianggap sebagai olahraga berat.

Beraktivitas di lahan menggunakan setiap kelompok otot utama di tubuh dan tidak akan mengejutkan jika Anda bangun pagi besok hari merasa sakit setelah seharian bekerja.

Penelitian telah menemukan aktivitas fisik seperti berkebun dapat membantu mengimbangi kenaikan berat badan terkait usia dan obesitas pada anak.

Para peneliti dari University of Pennsylvania mengungkapkan orang yang berkebun lebih mungkin mendapatkan tidur nyenyak selama 7 jam di malam hari.

Tanaman hias. (Foto: Freepik)

2. Lawan penyakit

Saat berada di luar rumah dan terpapar sinar matahari, kulit Anda menggunakan sinar matahari untuk vitamin D. Para peneliti, seperti dilansir dari Healthline, memperkirakan setengah jam di bawah sinar matahari dapat menghasilkan antara 8.000 dan 50.000 unit internasional (IU) vitamin D dalam tubuh. Tapi ini tergantung seberapa tebal pakaian yang menutupi tubuh dan juga warna kulit Anda.

Vitamin D sendiri memiliki sederet manfaat untuk tubuh, antara lain memperkuat tulang dan sistem kekebalan Anda. Berbagai studi juga menunjukkan berada di bawah sinar matahari dapat membantu menurunkan risiko berbagai kanker seperti payudara, kolorektal, kandung kemih, prostat, limfoma non-Hodgkin, hingga multiple sklerosis.

Pakar kesehatan mengatakan, jika kadar vitamin D Anda rendah, maka memiliki risiko lebih besar terkena serangan psoriasis, sindrom metabolik (kondisi pradiabetes), diabetes tipe II, dan bahkan demensia.

3. Dorong suasana hati

Penelitian di Amerika Serikat menemukan berkebun meningkatkan suasana hati dan meningkatkan penghargaan diri Anda. Ketika orang menghabiskan waktu di taman, tingkat kecemasan mereka menurun, begitu juga dengan depresi.

Studi yang diterbitkan pada 2011 menunjukkan orang dengan depresi yang berpartisipasi dalam intervensi berkebun selama 12 minggu kondisinya membaik termasuk gejala depresi. Kondisi ini berlangsung selama berbulan-bulan setelah intervensi berakhir.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tanaman untuk Pemula, Yuk Mulai Berkebun 

4. Bantu jaga daya ingat

Terkait ingatan, dokter mengungkapkan berolahraga meningkatkan fungsi kognitif di otak dan berkebun bisa menjadi salah satunya. Aktivitas berkebun dapat memacu pertumbuhan saraf terkait memori di otak Anda.

Peneliti di Korea membuktikan aktivitas berkebun selama 20 menit pada penyandang demensia bisa meningkatkan jumlah beberapa faktor pertumbuhan saraf otak yang terkait dengan memori.

Di Belanda dan Norwegia, orang dengan demensia sering berpartisipasi dalam program inovatif berkaitan dengan bertanam yang memungkinkan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja di lahan pertanian dan kebun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Cara pulihkan diri dari kecanduan

Terapi hortikultura telah ada selama ribuan tahun dan ini menjadi bagian dari program pemulihan kecanduan.

Dalam sebuah studi para peneliti mencatat, tanaman memicu perasaan positif pada orang yang pulih dari kecanduan alkohol, dan merupakan alat rehabilitasi yang efektif.

Dalam studi lain, orang-orang dalam program rehabilitasi yang memilih berkebun sebagai terapi alami mereka melaporkan pengalaman yang lebih memuaskan daripada mereka yang memilih seni.

Baca juga: Deretan Tanaman Hias Berbahaya yang Tak Boleh Ada di dalam Rumah 

6. Menenangkan diri

Bekerja di taman, kebun, atau lahan pertanian dapat membantu memulihkan diri jika Anda mengalami sesuatu yang membuat stres. Dalam sebuah studi pada 2011, para peneliti mengungkapkan bahwa mereka yang menghabiskan waktu untuk berkebun pulih dari stres lebih baik ketimbang misalnya membaca. Mereka yang berkebun juga mengakui suasana hati mereka telah kembali ke keadaan positif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini