Share

Ayah-Bunda, Ini Lho Caranya Supaya Anak Enggak Kecanduan Gadget

Intan Rakhmayanti Dewi, Sindonews · Selasa 04 Mei 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 612 2405639 ayah-bunda-ini-lho-caranya-supaya-anak-enggak-kecanduan-gadget-fa9pxIztbW.jpg Ilustrasi anak-anak bermain gadget. (Foto: GemmaMM/Pixabay)
A A A

MAKIN banyak orangtua mengeluhkan anaknya kecanduan gadget. Seakan sangat sulit memisahkan mereka dari handphone, tablet, atau perangkat sejenisnya. Pasalnya, anak akan merasakan dampak negatif apabila mengoperasikan gadget secara berlebihan.

Nah, peran ayah dan bunda sangat penting untuk mencegah anak-anak "kecanduan" gadget. Ketegasan hingga inisiatif diperlukan dalam keadaan ini.

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, berikut lima cara supaya anak-anak tidak kecanduan mengoperasikan gadget. Wajib diterapkan oleh ayah dan bunda.

Baca juga: Anak Terinfeksi Covid-19, Benarkah Sembuh Lebih Cepat dari Orang Dewasa? 

1. Dimulai dari orangtua

Supaya anak tidak kecanduan gadget, disarankan dimulai dari orangtuanya. Sebab, anak-anak akan mengikuti pola kebiasaan orangtua.

"Jika orangtua melarang tapi orangtua juga terus menatap gadget, pelarangan ini cenderung tidak akan berhasil. Jadi pertama orangtua harus memberikan contoh sesuai yang dianjurkannya," kata pengamat teknologi Lucky Sebastian.

2. Tetapkan area bebas gadget

Tetapkan area bebas gadget, di mana semua anggota keluarga tidak boleh menggunakan gadget, seperti saat makan bersama di ruang makan, dan jangan dilanggar.

Anak-anak bermain gadget. (Foto: Victoria Borodinova/Pixabay)

3. Perbanyak tatap muka

Orangtua harus lebih banyak bicara tatap muka secara langsung dengan anak, bertukar pikiran, dan membatasi waktu penggunaan gadget yang dilaksanakan betul-betul.

"Misal hanya boleh menggunakan smartphone selama 1 jam setelah selesai mengerjakan tugas sekolah, setelah makan, sesudah itu berangkat tidur," paparnya.

4. Gunakan aplikasi pemantau

Gunakan juga aplikasi yang dikembangkan untuk orangtua memantau berapa lama anak menggunakan gadget dan melakukan apa saja dengan gadget-nya.

"Ini bisa secara dini untuk orangtua mengarahkan anak menggunakan gadget-nya lebih berhati-hati," jelasnya.

Baca juga: Benarkah Nasi Bukan Menu Sahur yang Baik untuk Anak? 

5. Perbanyak aktivitas di luar rumah

Selain itu, perbanyak aktivitas di luar rumah yang melibatkan anak, seperti bermain di halaman, berjalan-jalan, menugaskan anak membawa jalan-jalan binatang peliharaan, atau berlibur bersama saat akhir pekan keluar rumah tanpa anak membawa gadget.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini