Share

Istiqlal Islamic Centre of Toronto Hasil Inisiasi Muslim Indonesia di Toronto

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 614 2405102 istiqlal-islamic-centre-of-toronto-hasil-inisiasi-muslim-indonesia-di-toronto-kNBixxs86O.jpg Bangunan bekas gereja ini menjadi masjid Muslim Indonesia di Toronto, Kanada. (Foto: Faisal Nasution)
A A A

TORONTO - Istiqlal Islamic Centre of Toronto (IICT) resmi hadir menjadi masjid pertama milik Muslim Indonesia di Toronto, Kanada. Pengadaan dan biayanya adalah resmi inisiasi dari masyarakat muslim yang tergabung dalam Masyarakat Islam Indonesia Toronto (MIIT).

Masjid IICT ini resmi hari pada Selasa (4/5/2021) saat Azan Sholat Magrib nanti akan menandai dibukanya masjid dan gedung yang diberi nama Istiqlal Islamic Centre of Toronto (IICT) itu.Ketua Masyarakat Islam Indonesia Toronto (MIIT) Eni Durhan mengatakan, pengadaan masjid dan gedung pusat keislaman itu merupakan inisiasi dari masyarakat muslim yang tergabung dalam MIIT. Keinginan untuk memiliki masjid itu sudah dicetuskan sejak 2005 dan baru bisa diwujudkan sekarang.

“Kebutuhan tempat untuk menggelar kegiatan, seperti pengajian, salat Ied ataupun fundraising semakin bertambah seiring terus bertambahnya masyarakat Indonesia yang bermukim di Ontario dan sekitarnya,” katanya.

Baca Juga: Istiqlal Islamic Center of Taronto Masjid Pertama yang Berdiri di Kanada saat Ramadhan 2021

Saat itu mereka melakukan pengajian dari rumah ke rumah anggota MIIT dan untuk kegiatan yang menghadirkan banyak orang menumpang di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Toronto. Terkadang juga menumpang di gedung Islamic centre milik komunitas dari negara lain. “Syukur alhamdulillah masyarakat Islam Indonesia di sini sangat aktif berpartisipasi dalam kegiatan di komunitas negara lain sehingga bisa meminjam gedung-gedung itu secara gratis,” imbuhnya pula.

Kini dengan adanya IICT, program jangka pendek dan jangka panjang sedang mereka siapkan, di antaranya pengajian dan membuka kelas Alquran untuk anak-anak. “Semoga MIIT bisa menjalankan amanah yang diberikan IICT,” pungkasnya.

Oleh: Kontributor Koran SINDO,

Faisal Nasution

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini