Share

Buang Obat Kedaluwarsa Tak Bisa Sembarangan, Pelajari Cara yang Benar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Rabu 19 Mei 2021 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 612 2412509 buang-obat-kedaluwarsa-tak-bisa-sembarangan-pelajari-cara-yang-benar-SzuCFRZY0a.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

BANYAK orang mulai sadar pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin. Tidak heran, jika kemudian permintaan akan multivitamin ini meningkat.

Bukan hanya multivitamin, permintaan akan obat-obatan pun juga semakin banyak. Sayangnya, tidak semua di tengah kebutuhan akan obat-obatan tersebut, malah beredar obat kedaluwarsa atau rusak.

Sebagaimana diketahui, saat ini banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjual obat kedaluwarsa dan rusak memanfaatkan ketidakjelian masyarakat. Merangkum dari laman Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), @bpom_ri, Rabu (19/5/2021), obat kedaluwarsa dan rusak tidak bisa dibuang dengan sembarangan loh.

Obat

Wadah dan kemasan

Pertama, hilangkan informasi pribadi seperti nama dan tanggal lahir pasien pada kemasan. Hilangkan semua label dari wadah obat dan tutup botol. Rusak botol, pot plastik, atau botol kaca dengan digunting atau dipecah. Jika masih berbentuk boks, dus atau tube sebaiknya digunting dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah.


Tablet, pil, puyer, salep, dan krim

Buka obat dari kemasan asli, dan hancurkan menjadi bentuk tidak utuh, kemudian campurkan dengan ampas kopi, tanah, atau bahan kotor lain. Masukan campuran dalam wadah yang dapat ditutup agar obat tidak bocor tumpah, lalu buang wadah ke tempat sampah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sirup dan cairan obat luar

Apabila ada endapan atau obat sudah mengental, tambahkan air dan kocok untuk melarutkan endapan. Pindahkan cairan ke dalam plastik, tambahkan bahan kotor seperti ampas kopi atau tanah. Terakhir, tutup plastik dengan rapat, lalu buang ke tempat sampah.

Pasalnya, jika obat kadaluwarsa dan rusak tidak dibuang secara tidak tepat, maka dapat menimbulkan bahaya yang tidak diinginkan seperti dijual kembali secara ilegal dan disalahgunakan.

Sementara jika antibiotik, obat kanker, dan disinfektan yang dibuang pada saluran pembuangan, air limbah dapat membunuh bakteri baik yang diperlukan. Akibatnya, dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti kontaminasi sumber air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini