Share

PBB: 350 Ribu Orang di Tigray, Ethiopia, Terancam Bencana Kelaparan

Rahman Asmardika , Okezone · Jum'at 11 Juni 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 18 2423725 pbb-350-ribu-orang-di-tigray-ethiopia-terancam-bencana-kelaparan-Y0xaB7wu0j.JPG Foto: Reuters.
A A A

MOGADISHU - Wilayah Tigray yang bermasalah di Ethiopia sekarang dalam keadaan kelaparan, kata kepala kemanusiaan PBB Mark Lowcock, karena laporan menunjukkan bahwa ratusan ribu orang berisiko terkena bencana.

“Sekarang ada kelaparan di Tigray,” kata pejabat itu kepada perwakilan organisasi PBB, Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) pada Kamis (10/6/2021), memperingatkan situasinya mungkin yang terburuk sejak kelaparan 2011 di negara tetangga Somalia, yang menewaskan sekitar 260.000 orang. 

BACA JUGA: Ethiopia Klaim Perang di Tigray Berakhir, Hampir Semua Pimpinan Pemberontak Tewas, Ditangkap

Lowcock mengatakan hal-hal "akan menjadi jauh lebih buruk", tetapi menambahkan bahwa "yang terburuk masih dapat dihindari" jika bantuan segera diberikan untuk Tigray.

“Terulangnya (bencana kelaparan) 1984 akan memiliki konsekuensi yang luas dan tahan lama. Pesan saya adalah jangan terjadi,” tambahnya, merujuk pada kelaparan Ethiopia tahun 1983-1985, yang mengakibatkan 1 juta kematian, menurut angka PBB.

Pada Kamis, Reuters melaporkan telah melihat dokumen yang dipresentasikan di Komite Tetap Antar-Badan PBB yang mengatakan 350.000 orang di Tigray berisiko kelaparan.

BACA JUGA: Laporan Ungkap Pembantaian Massal oleh Pasukan Eritrea di Kota Suci Ethiopia

Jutaan orang lagi di wilayah tersebut juga membutuhkan “dukungan pangan dan pertanian/mata pencaharian yang mendesak untuk mencegah penurunan lebih lanjut menuju kelaparan,” kata laporan itu.

Diwartakan RT, rincian baru datang setelah Lowcock memperingatkan minggu lalu tentang kondisi kelaparan yang akan segera terjadi di Tigray, dengan mengatakan para pejabat PBB “sudah mendengar tentang kematian terkait kelaparan.” Pekan ini, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga mengatakan beberapa daerah di kawasan itu “di ambang kelaparan.”

Pemerintah Ethiopia dan PBB sama-sama menuduh Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), sebuah kelompok politik bersenjata di kawasan itu, menghalangi kerja konvoi bantuan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Kami tidak kekurangan makanan,” Mituku Kassa, kepala Komite Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Nasional Ethiopia mengatakan pada konferensi pers pada Kamis, saat ia mengklaim TPLF telah meluncurkan serangan terhadap truk bantuan yang membawa makanan.

Lowcock juga mengatakan pekan lalu bahwa pekerja bantuan mengalami kesulitan di lapangan “karena apa yang dilakukan orang-orang dengan senjata dan bom, dan apa yang diperintahkan oleh penguasa politik mereka.”

TPLF telah terlibat dalam konflik dengan pasukan pemerintah di Tigray sejak November lalu, setelah Perdana Menteri Abiy Ahmed menunda pemilihan Ethiopia karena Covid-19.

Pemerintah juga menolak untuk mengakui suara daerah yang tampaknya dimenangkan secara telak oleh TPLF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini