Share

Maskapai ini Luncurkan Seragam Kru Kabin Non-Binary Pertama di Dunia

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 406 2423614 maskapai-ini-luncurkan-seragam-kru-kabin-non-binary-pertama-di-dunia-gVjV8E7P9o.jpg Seragam Pramugari (Foto: Paddle Your Own Kanoo)

ISLANDIA - Maskapai penerbangan Islandia PLAY baru saja meluncurkan seragam kru kabin 'gender non-binary' pertama di dunia.

Anggota awak kabin diizinkan untuk mencampur dan mencocokkan item dari seluruh koleksi termasuk pakaian yang secara tradisional disediakan untuk karyawan laki-laki atau perempuan.

“Kami benar-benar ingin membuang semua ide lama tentang seragam maskapai dan menghadirkan lebih banyak kenyamanan,” jelas pasangan desainer Gunni Hilmars dan Kolla yang ditugaskan oleh startup maskapai PLAY untuk membayangkan perspektif baru tentang seragam pramugari.

“Kami mencoba untuk menghapus aturan ketat yang sering dikaitkan dengan seragam ini dan memasukkan pakaian santai, kain melar, dan tentu saja, sepatu yang dimaksudkan untuk melatih kaki Anda! Hasilnya adalah perpaduan antara activewear dan seragam yang segar,” lanjut Gunni yang dilansir Okezone dari Paddle Your Own Kanoo.

Baca Juga:

Masuk Bandara Secara Ilegal, Mantan Karyawan Maskapai Ini Ditangkap

Tips Naik Pesawat dengan si Kecil selama Pandemi

 

Selain mencakup berbagai pakaian non-spesifik gender seperti kaos santai, jaket puffer sepanjang mata kaki, dan sepatu kets bermerek Nike, seragam ini juga mencakup pilihan gaun dan setelan potongan yang berbeda.

Tetapi Jónína Guðmundsdóttir, kepala maskapai menjelaskan bahwa kru tidak akan dibatasi oleh pilihan seragam pria atau wanita. Mereka dapat memilih dengan tepat apa yang mereka inginkan.

Maskapai ini juga membuang aturan perawatan ketat yang diterapkan oleh hampir setiap maskapai lain di dunia. Seperti aturan tentang bagaimana awak kabin harus menata rambut mereka, hingga seberapa banyak (atau seberapa sedikit) riasan yang bisa mereka kenakan.

Faktanya, PLAY bahkan telah menghapus aturan tentang tato – sesuatu yang masih sangat tabu di banyak maskapai penerbangan meskipun popularitas dan penerimaan tato meningkat di banyak negara dalam beberapa tahun terakhir.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

PLAY didirikan pada 2019 setelah runtuhnya maskapai penerbangan bertarif rendah Islandia lainnya. Perusahaan tersebut awalnya akan diluncurkan pada tahun 2020 tetapi harus ditunda karena pandemi. Penerbangan pertama akan berangkat dari Keflavik akhir bulan ini dengan rute yang direncanakan ke London, Berlin dan Kopenhagen, serta Paris, Barcelona, Alicante, dan Tenerife.

Sementara maskapai yang lain, Alaska Airlines pekan lalu dikritik karena menolak untuk membiarkan pramugari yang mengidentifikasi sebagai non-biner memilih seragam dari koleksi seragam 'pria' dan 'wanita'.

Justin Wetherell, perwakilan dari Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU) sekaligus pramugari dan instruktur Alaska Airlines yang mengidentifikasi diri sebagai non-biner merasa terjebak oleh kebijakan seragam Alaska saat ini.

Alaska Airlines mengatakan dalam menanggapi keluhan bahwa mereka memperkenalkan opsi seragam yang lebih inklusif tetapi masalah yang diangkat oleh Justin adalah hal biasa di seluruh industri penerbangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini