Share

8 Fakta Unik Kota Baku Azerbaijan, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 408 2423427 8-fakta-unik-kota-baku-azerbaijan-tuan-rumah-piala-eropa-2020-H8V7JisYmJ.jpg The Flame Towers di Kota Baku, Azerbaijan (Shutterstock)

KOTA Baku, Azerbaijan menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020. Pertandingan pembuka antara Wales versus Swiss akan berlangsung di Stadion Olimpiade Baku, Sabtu 12 Juni 2021 pukul 20.00 WIB.

Baku terletak di tepi Laut Kaspia, kota terbesar di wilayah Kaukasus itu meliputi area seluas 830 mil persegi dan memiliki populasi 2.262.600 orang.

Kota ini terdiri dari 2 bagian utama, Pusat Kota dan Kota Dalam dan termasuk kota tertua di Timur. Baku memiliki budaya dan sejarah yang begitu kaya karena permukiman manusia di daerah tersebut berasal dari Zaman Batu.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Hits di Roma, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Bersumber dari WorldAtlas, berikut serangkaian fakta tentang Baku yang menarik untuk diketahui :

1. Yanar Dag

Yanar Dag adalah api gas alam yang menyala terus menerus. Terletak di dekat Baku, tepatnya di lereng bukit di Semenanjung Absheron. Api dari Yanar Dag berkobar 30 meter di atas tanah.

Ilustrasi

Yanar Dag di Azerbaijan (wikipedia)

Tidak seperti gunung lumpur, nyala api Yanar Dag cukup stabil, karena melibatkan rembesan gas yang stabil dari bawah permukaan tanah. Konon, api Yanar Dag baru menyala ketika secara tidak sengaja dinyalakan seorang gembala pada 1950-an.

2. Tugu yang Didedikasi untuk Seorang Mata-Mata

Baku memiliki tugu peringatan di Zorge Park yang didedikasikan untuk mata-mata super, Richard Sorge. Bertindak sebagai jurnalis di Jerman dan Jepang selama Perang Dunia II.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Resmikan Hotelnya di Madrid, Georgina Rodriguez Ajak Menginap

Sorge adalah seorang perwira intelijen Soviet yang memberikan informasi yang sangat penting dalam Operasi Barbarossa.

3. Olahraga Paling Terkenalnya Panco

Gulat tangan atau dikenal dengan Adu Panco sangat populer di Baku. Kota ini bahkan punya pusat kebugaran dan bar yang menyelenggarakan pertandingan panco. World Armwrestling Federation (WAF) juga memiliki kantor pusat yang berlokasi di Baku.

4. Museum Karpet

Museum Karpet Azerbaijan di Baku berisi koleksi karpet Azerbaijan terbesar di dunia. Dibuka pada tahun 2014, museum ini dibangun dalam bentuk karpet terlipat dan menampilkan desain bunga yang indah. Demonstrasi menenun karpet dapat diamati di museum.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. The Flame Towers

Flame Towers atau Menara Api adalah trio gedung pencakar langit yang dirancang agar tampak seperti nyala api. Terletak di Baku, menara ini melambangkan sejarah panjang pemujaan api di Azerbaijan.

Flame Towers yang tertinggi memiliki ketinggian 597 kaki atau 182 meter, berisi apartemen tempat tinggal, hotel, dan unit kantor. Pada malam hari, layar LED di menara menampilkan api bergerak yang dapat dilihat dari tepi kota. Menara unik ini telah ditampilkan di film dokumenter Discovery Channel, Extreme Engineering.

6. Museum Miniatur Buku

Selain Museum Karpet, Baku memiliki museum unik lain yang dikhususkan untuk buku-buku mini. Dibuka pada tahun 2002, Museum Miniatur Buku Baku adalah satu-satunya di dunia. Museum ini memiliki lebih dari 6.500 buku dari 64 negara.

Ilustrasi

Stadion Olimpiade Baku (Reuters)

Selain itu, tiga buku terkecil di dunia, yang hanya dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar, disimpan di museum ini.

7. Ibu kota dengan Dataran Terendah di Dunia

Terletak di ketinggian 28 meter di bawah permukaan laut, Baku adalah ibu kota negara dengan dataran terendah di dunia. Ini juga merupakan kota terbesar di dunia yang terletak di bawah permukaan laut.

8. Terletak Dekat dengan Gunung Api Lumpur

Beberapa gunung lumpur terletak di dekat kota. Gunung berapi ini menggelembungkan lumpur yang melepaskan gas, terutama metana. Sesekali gunung tersebut akan meletus dan melepaskan api setinggi 1 kilometer ke udara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini