Share

Awali Jumat Pagi Baca Surah Al Kahfi, Raih Cahaya Keberkahan dari Allah Ta'ala

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 614 2423431 awali-jumat-pagi-baca-surah-al-kahfi-raih-cahaya-keberkahan-dari-allah-ta-ala-1LleQepU8Q.jpg Ilustrasi hari Jumat baca Surah Al Kahfi. (Foto: Unsplash)
A A A

SURAH Al Kahfi memiliki keutamaan jika dibaca pada Kamis malam hingga hari Jumat. Nah, maka itu pada Jumat pagi ini setiap Muslimin jangan sampai melewatkannya.

Keutamaan melimpah akan diraih dengan menjalankan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat ini. Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Yuk Ketahui Keutamaan Baca Surah Al Kahfi pada Kamis Malam 

Kemudian Beliau Shallallahu alaihi wassallam juga berkata:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Kitab suci Alquran. (Foto: Shutterstock)

Diterangkan pula bahwa kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala akan membuat orang yang membaca Surah Al Kahfi dilindungi dari fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Baca juga: Alquran dan Sains: Tahan Keinginan Menguap atau Tutup Pakai Tangan 

Oleh karena itu, mari awali Jumat pagi ini dengan mengamalkan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yakni membaca Surah Al Kahfi yang merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran dan berisi 110 ayat.

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala selalu memudahkan umat Islam membaca Surah Al Kahfi, serta beramal salih sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Aamiin.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini