Share

Lazismu Siapkan 3 Skema Salurkan Bantuan Rp33 Miliar untuk Palestina

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 614 2423630 lazismu-siapkan-3-skema-salurkan-bantuan-rp33-miliar-untuk-palestina-05Wn6L539S.jpg Penyaluran bantuan untuk Palestina melalui Lazismu. (Foto: Muhammadiyah)
A A A

JAKARTA - Lazis Muhammadiyah (Lazismu) berhasil mengumpulkan donasi bantuan untuk Palestina hingga mencapi Rp33 miliar lebih. Bantuan ini akan disalurkan dalam bentuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Direktur Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edi Muktiyono mengatakan, program jangka pendek akan diwujudkan dalam bentuk makanan pokok, obat-obatan, tangan dan kaki palsu, air bersih, sembako, dan lainnya.

"Untuk jangka menengah, ada bantuan alat kesehatan yang dibutuhkan di beberapa rumah sakit ada di Palestina. Termasuk membelikan mobil ambulans untuk mengevakuasi korban. Mengingat konflik Palestina adalah konflik berkepanjangan," jelas Edi dalam keterangannya Jumat (11/6/2021).

Sementara untuk jangka panjang, Lazismu akan membangun fasilitas kesehatan seperti klinik. Baik di Gaza maupun di Tepi Barat. "Yang telah dilakukan Lazismu bersama MUI adalah pembangunan rumah sakit di Tepi Barat. Sudah kerja sama dengan Walikota Hebron. Saat ini tinggal realisasi dan peletakan batu pertama," tambahnya.

Baca Juga: Hafiz Quran Asal AS Fatih Seferagic Bareng Khabib Nurmagomedov Galang Dana Bantu Palastina

Sementara hingga 9 Juni 2021, Lazismu telah melakukan beberapa kegiatan. Di antaranya menurunkan relawan untuk melaksanakan beberapa program. Selain itu, akan mengirimkan bantuan relawan untuk membawa bantuan-bantuan yang terkumpul untuk disalurkan ke rakyat Palestina.

Bantuan untuk rakyat Palestina berasal dari berbagai kalangan seperti LAZ An-Nur PT Indonesia Power menyalurkan donasi untuk Palestina melalui Lazismu sebesar Rp 396 juta.

Donasi diserahkan oleh Direktur LAZ An-Nur PT Indonesia Power Toto Wardoyo, kepada Direktur Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edi Muktiyono.

Dalam penyerahan ini, Edi Muktiyono mengungkapkan bahwa dalam Islam, "Seluruh umat Islam adalah bersaudara. Sehingga umat Islam di Indonesia wajib membantu umat Islam di berbagai penjuru dunia yang membutuhkan bantuan, termasuk di Palestina," kata Edi Muktiyono.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini