Share

Jual-Beli saat Waktu Sholat Jumat, Bagaimana Hukumnya?

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 616 2423485 jual-beli-saat-waktu-sholat-jumat-bagaimana-hukumnya-2BllCH1DT8.jpg Ilustrasi jual beli. (Foto: Heru Haryono/Okezone)
A A A

SEJUMLAH orang terlihat masih melakukan aktivitas jual-beli ketika waktu Sholat Jumat sudah masuk. Hal ini menjadi perhatian kaum Muslimin yang lainnya. Mereka bertanya-tanya, bagaimana hukumnya dalam agama Islam?

Seperti dikutip dari laman Muslim.or.id, terkait jual-beli ketika waktu Sholat Jumat ini telah dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman. Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al-Jumu'ah: 9)

Baca juga: Ingat, Ketika Khotbah Jumat Harus Diam dan Tidak Memeluk Lutut 

Ayat ini dengan jelas melarang jual-beli saat Sholat Jumat bagi orang yang diwajibkan menunaikannya. As Sa'di dalam Tafsir-nya menerangkan:

أي: اتركوا البيع، إذا نودي للصلاة، وامضوا إليها

Artinya: "Maksudnya tinggalkan jual-beli ketika azan dikumandangkan, dan hendaknya pergi menuju sholat." (Taisir Karimirrahman, 825)

Ilustrasi Sholat Jumat. (Foto: Okezone)

Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya menjelaskan:

اتفق العلماء رضي الله عنهم على تحريم البيع بعد النداء الثاني

Artinya: "Para ulama radhiallahu anhum bersepakat haramnya jual-beli setelah azan yang kedua."

Baca juga: 3 Adab Penting saat Khotbah Jumat, Yuk Dikerjakan 

Hal ini jika berpegang pada pendapat bahwa azan Sholat Jumat boleh dua kali. Adapun jika azan Jumat hanya sekali maka ketika azan itu dikumandangkan maka sudah tidak boleh berjual-beli.

Ibnu Qudamah mengatakan:

والنداء الذي كان على عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم هو النداء عَقِيْب جلوس الإمام على المنبر ، فتعلق الحكم به دون غيره . ولا فرق بين أن يكون ذلك قبل الزوال أو بعده

Artinya: "Azan (Sholat Jumat) yang ada di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam hanyalah azan setelah imam duduk di mimbar. Maka larangan jual-beli ini dikaitkan pada azan tersebut bukan azan yang lainnya. Dan tidak ada bedanya apakah itu sebelum zawal ataukah sesudah zawal." (Al Mughni, 2/145).

Ringkasnya, ketika imam sudah naik mimbar lalu setelah itu azan dikumandangakan maka berlakulah larangan jual-beli di saat itu juga.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini