Share

Bisikan Hati, Lagu yang Tercipta di Balik Rutan Cipinang

Adiyoga Priambodo, Okezone · Selasa 22 Juni 2021 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 205 2428515 bisikan-hati-lagu-yang-tercipta-di-balik-rutan-cipinang-46yg9qG6bC.jpg Jeera Music (Foto: IST)
A A A

JAKARTA - Hidup berada di balik jeruji tampaknya tak membuat para personel Jeera Music berhenti berkreasi. Mereka berhasil menciptakan sebuah lagu bertajuk Bisikan Hati dalam album berjudul Rasa.

Jeera Music memanfaatkan hidup yang tengah menjalani masa-masa pertobatan dengan sebuah karya. Mereka memanfaatkan kebebasan yang terkekang dengan menjadi musisi di dalam rutan Cipinang.

Jeera Music digawangi oleh Rido, Tomi, Onesh, Morris, Kai dan Widi. Beberapa dari mereka telah lama berkecimpung di industri musik, seperti Rido pada vokal, yang sebelumnya pernah merilis full album bersama Magic Seaweed, dan Adama Morris, yang sebelumnya bergabung bersama Andra & The Backbone sebagai additional drummer dan juga pernah bergabung bersama Temper Trap di era awal mereka. Keragaman background musik dari tiap personil, disertai eksplorasi melahirkan karya musik dengan nada yang unik terekam di album Rasa.

Baca Juga:

Murka ke Tompi, Jerinx SID: Seenaknya Menebar Misinformasi tentang Integritas Saya

Bra Merah Nia Ramadhani Ngintip, Netizen: Astagfirullah, Sudah Haji Kok Begini

Jeera Music

Semua proses kreatif dilakukan di dalam rutan Cipinang. Dari proses workshop, rekaman, mixing, hingga mastering menghasilkan 10 lagu. Hal tersebut terjadi berkat kerjasama pembinaan antara Rutan Kelas I Cipinang dan Yayasan JEERA Indonesia.

"Setiap Binaan/Narapidana diharapkan dapat terus mengembangkan diri lewat kegiatan-kegiatan positif guna membangun dan memupuk nilai positif bagi mereka. Yang dimana hal tersebut adalah modal dasar bagi binaan/narapidana untuk memulai hidupnya saat nanti kembali ke tengah masyarakat. Dengan itu, Rutan Kelas I Cipinang sangat mendukung ide dan passion Warga Binaan/Narapidana dalam berkarya," ujar Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Margono.

Single Bisikan Hati memiliki tiga bagian aransemen, yakni cerita, rasa, dan emosi yang merupakan rangkuman isi hati dari tujuh musisi yang tengah menjalani masa tahanan. Lebih jauh, lagu ini menceritakan tentang rangkuman cerita, dan perjalanan spiritual dari masing-masing personil, serta perspektif dan mindset mereka dalam menyikapi dan menjalankan masa sulit di dalam tahanan. Bisikan Hati dikemas dengan aransemen pop, rock, folk bertempo sedang dibalut vokal lantang mengenai jeritan hati mengenai optimisme para personel.

"Lagu ini melewati beberapa evolusi lirik dan aransemen, sampai di tahun 2018 saya masuk penjara, akhirnya lirik Bisikan Hati rampung. Lalu muncul ide untuk membawakan lagu ini bersama beberapa teman musisi disini, karena menurut saya lagu ini sangat merepresentasikan cerita, rasa, dan emosi kita sebagai narapidana. Surprisingly mereka berhasil membuat lagu ini jauh lebih 'bernyawa', jadi ajaib," ujar Adama Morris, penulis lirik Bisikan Hati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini