Share

Alquran dan Sains Ungkap Gunung Berubah Jadi Daratan Akibat Erosi

Hantoro, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 614 2428762 alquran-dan-sains-ungkap-gunung-berubah-jadi-daratan-akibat-erosi-py6YsVTSyo.jpg Ilustrasi gunung. (Foto: Tawatchai07/Freepik)
A A A

ALQURAN dan sains membeberkan bahwa peristiwa alam erosi mengubah gunung menjadi daratan. Erosi sendiri adalah pengikisan benda padat akibat transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan pada tanah dan material lain.

Erosi bisa mengubah bentuk suatu benda, meskipun sangat keras. Misalnya sebuah gunung yang berubah menjadi daratan akibat erosi.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Penyebab Hewan Miliki Naluri Simbiosis 

Dalam buku 'Sains dalam Alquran' karya Nadiah Thayyarah disebutkan ada beberapa ayat di kitab suci Alquran yang mengungkap hal ini.

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "Dialah yang menjadikan Bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui." (QS Al Baqarah: 22)

Gunung. (Foto: Wirestock/Freepik)

وَالْأَرْضَ فَرَشْنَاهَا فَنِعْمَ الْمَاهِدُونَ

Artinya: "Dan bumi itu Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami)." (QS Az-Zariyat: 48)

Baca juga: Mau Tahu Proses Turunnya Air Hujan? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ بِسَاطًا

لِتَسْلُكُوا مِنْهَا سُبُلًا فِجَاجًا

Artinya: "Dan Allah menjadikan Bumi untukmu sebagai hamparan, supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di Bumi itu." (QS Nuh: 19–20)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ayat ini mengisyaratkan bahwa kulit Bumi merupakan bagian tipis yang disiapkan Allah Subhanahu wa ta'ala sebagai tempat hidup manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Penelitian-penelitian ilmiah kemudian membuktikan pernyataan Alquran tersebut.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Keistimewaan Kuda yang Tidak Dimiliki Hewan Lain 

Kulit Bumi yang sebelumnya berupa bola api telah menjadi lapisan padat dan keras yang memiliki permukaan-permukaan tinggi (gunung), rendah (lembah) dan dataran.

Proses erosi (pengikisan) kemudian mengubah permukaan-permukaan yang tinggi tersebut menjadi dataran-dataran rendah, jalan-jalan, dan berbagai macam relief lainnya, sehingga menjadi tempat yang layak untuk dihuni dan ditinggali oleh manusia serta binatang.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini