Share
Advertisement

Tepat Hari Ini, 5 Tahun Lalu Satelit Generasi Ketiga LAPAN Meluncur

Intan Rakhmayanti Dewi , Jurnalis-Selasa 22 Juni 2021 21:37 WIB
Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB. (Foto: LAPAN)
Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB. (Foto: LAPAN)
A
A
A

PADA hari ini, Selasa 22 Juni 2021, tepat lima tahun satelit generasi ketiga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN) meluncur. Ini merupakan momen bersejarah dan membanggakan bagi bangsa Indonesia.

Pada hari itu, 22 Juni 2016, LAPAN sukses meluncurkan satelit generasi ketiganya yakni LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Satelit tersebut berhasil mengudara di ketinggian 505 kilometer di atas permukaan Bumi.

Baca juga: Penjelasan LAPAN soal Seringnya Hujan di Barat Indonesia 

Selama lima tahun mengorbit, satelit tersebut telah melakukan TT&C selama 1747 jam dengan beberapa jumlah data yang dihasilkan.

Satelit LAPAN. (Foto: Instagram @lapan_ri)

Pertama ada data LISA sekira 324 juta kilometer persegi, AIS sekira 201 juta data, dan pengukuran medan magnet Bumi selama 7593 jam.

Baca juga: Viral Video Matahari Terbit dari Utara, LAPAN: Hal yang Wajar 

Semua itu dapat terwujud berkat dukungan para operator satelit yang telah menjaga dan mengoberasikan satelit dengan baik.

"Terima kasih juga kepada rakyat Indonesia untuk segala dukungan dan doa baiknya. Semoga data-data yang telah diperoleh bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara," tulis LAPAN melalui unggahan di akun Instagram-nya @lapan_ri.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement