Share

Kisah Kesabaran Nabi Dzulkifli Saat Digoda Setan Berwujud Orang Tua Tanpa Sanak Saudara

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 330 2444369 kisah-kesabaran-nabi-dzulkifli-saat-digoda-setan-berwujud-orang-tua-tanpa-sanak-saudara-YJy1b0Pwc1.jpg Kisah Nabi Dzulkifli. (Foto: Rough Guides)
A A A

KISAH Nabi Dzulkifli yang mempunyai rasa sabar memang sangat luar biasa.Bahkan tingkat kesabarannya saat diuji di atas rata-rata manusia biasa. Begitu sabarnya, hingga tak pernah marah dan omongannya selalu dapat dipegang.

Itulah mengapa Allah SWT mengangkatnya menjadi seorang nabi allaihi salam. Nama asli Nabi Dzulkifli adalah Basyar, ia terlahir dari keluarga nabi. Ayahnya adalah Nabi Ayub dan ibunya bernama Rahmah. Nabi Dzulkifli hidup dan besar di negara dengan raja yang sangat arif bijaksana.

Dikutip dari buku Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul karya Ali Nurfadhilah, sang raja jugalah yang memberikan nama Zulkifli kepada Basyar yang artinya sanggup.

Baca Juga: Presiden Vladimir Putin Sebut Islam Memperkuat Kerukunan Rusia

Hal ini terjadi karena suatu ketika sang raja mengumumkan sayembara, 'Siapa yang sanggup berlaku sabar? Jika malam mendirikan solat dan jika siang melakukan puasa?'. Tak ada satu orang pun awalnya yang menyanggupi permintaan raja itu.

Sampai akhirnya Basyar mengacungkan tangan tanda menyanggupi apa yang diinginkan sang raja. Akhirnya anak muda bernama Basyar itu diberikan nama Dzulkifli yang artinya sanggup.

Baca Juga: Hikmah Melempar Jumrah Apakah Betul Merajam Setan, Begini Penjelasan Ulama

Singkat cerita, berkat ketekunan dan kesabaran Nabi Zulkifli, ia pun ditunjuk menggantikan sang raja. Kebiasaannya sejak muda terus ia lakukan sampai ia menjadi raja: malam mendirikan sholat dan siang puasa. Tak hanya jadi raja, Nabi Dzulkifli pun diangkat menjadi ketua hakim di negara tersebut.

Saking sibuknya, tidur Nabi Dzulkifli cuma sebentar. Ia istirahat beberapa waktu sekadar memejamkan mata. Mengetahui hal ini, setan pun mengganggunya.

Baca Juga: 17 Jamaah Disabilitas Dapat Kesempatan Menunaikan Ibadah Haji

Ya, setan berpura-pura menjadi orangtua yang tak punya sanak saudara dan tempat tinggal. Setan mencoba menggoyahkan kesabaran Nabi Dzulkifli.

"Ada apakah saudara datang kemari?" tanya Dzulkifli kepada setan yang sedang menyamar pada malam. Setan pun menjawab, "Hamba musafir, barang-barang kepunyaan hamba dirampok orang di jalan."

Mengetahui hal itu, Nabi Dzulkifli meminta agar orangtua yang aslinya setan ini datang ke kerajaan besok pagi atau petang. "Datanglah engkau esok pagi atau petang hari," ucap Nabi Zulkifli iba.

Esok harinya, orangtua tersebut tak datang mengunjungi kerajaan, pun saat petang tiba. Nabi Zulkifli padahal sudah meluangkan waktu untuk bisa membantu orangtua tersebut.

Meski begitu Nabi Dzulkifli tak pernah merasa kesal dan ia tetap sabar dan tak pernah marah kepada tamunya itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut, terjadi peperangan yang dahsyat di negara Nabi Dzulkifli. Ia memerintahkan agar pasukan dan kaumnya ikut berperang, namun tak ada yang berani sanggupi. Tentara dan rakyatnya takut mati.

Karena Nabi Dzulkifli memohon, akhirnya prajurit dan rakyatnya menyanggupi permintaan Nabi Zulkifli dengan syarat, "Kami akan berjuang ke medan perang asal hidup kami terjaga. Kami tidak mati saat berperang," ungkap para rakyat dan tentara.

Dzulkilfi tidak marah mendengar hal tersebut, ia bahkan mendoakan rakyat dan prajuritnya selalu dilindungi oleh Allah SWT. Maka Allah SWT mewahyukan kepada Zulkifli: "Hai Zulkifli, Aku telah mengetahui permintaan mereka dan Aku mendengar doamu. Semua itu akan Aku kabulkan."

Perang pun terjadi dan Nabi Dzulkifli serta seluruh prajuritnya menang. Mukjizat Allah SWT nyata, tak ada satupun dari mereka yang tewas di medan juang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini