Share

Kisah Alya Lawindo, Guru Ngaji dan Budaya Minang untuk Anak-Anak di Amerika

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 614 2444336 kisah-alya-lawindo-guru-ngaji-dan-budaya-minang-untuk-anak-anak-di-amerika-1NXu9sQShK.jpg Alya Sarah Lawindo muslimah guru ngaji dan budaya Minang di Amerika Serikat. (Foto: VOA Indonesia)
A A A

ALYA Sarah Lawindo, muslimah cantik berdarah Indonesia ini terinspirasi dari ibunya untuk mengajar mengaji di kalangan komunitas muslim di Amerika serikat. Setiap pekan Alya mengajar mengaji untuk anak-anak tingkat SD di AS lewat IMAAM Madrasah Sunday School.

Hal ini mulai dilakukan ketika Alya Lawindo sudah menginjak usia remaja. Ia pun bertekad melanjutkan perjuangan ibunya sebagai guru mengaji.

Baca juga: Gaya Ganteng Syari Arya Saloka Pakai Jubah Gamis Bikin Netizen Histeris: Cakepnya Suami Orang 

"Pas Alya sudah remaja, Alya sudah mikir-mikir mungkin sudah waktunya buat membalas mengajar anak-anak, apalagi di komunitas muslim di AS," kata Alya, seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (21/7/21).

Alya Sarah Lawindo muslimah guru ngaji dan budaya Minang di Amerika Serikat. (Foto: VOA Indonesia)

Menjadi guru mengaji, Alya tidak mengharapkan imbalan apa pun. Melihat anak-anak didiknya dapat mengaji dengan baik, ia sudah meras sangat senang.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Kurban dari Berbagai Negara, Ada yang Hewannya Dipercantik 

Selain mengajar mengaji, Alya juga mengenalkan budaya Minang. Keluarga Alya sendiri merupakan asli dari Minang, Sumatera Barat. Ia dan keluarganya mengikuti berbagai festival, bahkan mengisi acara di KBRI Washington DC.

"Kami mengikuti bermacam-macam festival, di antaranya Richmond Folklive Festival, Smithsonian Folklive Festival, The Kennedy Center. Di samping itu, kami sering mengisi acara budaya di KBRI Washington DC," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain mengajar ngaji dan mengenalkan ada budaya Minang, Alya juga merupakan mahasiswi S-1 Hubungan Internasional di American University, Washington DC.

Baca juga: Ini Sosok Syekh Belaid Ahli Kaligrafi Alquran yang Donorkan Darah untuk Ustadz Yusuf Mansur 

Sementara ayah Alya, Muhammad Afdal, mengatakan sejak kecil putrinya tersebut sudah terlihat bakat seni dan keingintahuannya terhadap berbagai macam budaya.

"Alya dari kecil itu menunjukkan minat yang besar belajar budaya, dan sepertinya dia juga punya bakat dalam seni," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini