Share

Pasukan Berkualifikasi Baik Berperan Penting Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Jamaah Haji

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 614 2444343 pasukan-berkualifikasi-baik-berperan-penting-menjaga-keamanan-dan-kenyamaan-jamaah-haji-3MdWF1LdkF.jpg Pasukan keamanan Arab Saudi saat mengamankan pelaksanaan ibadah haji 2021. (Foto: Saudi Gazette)
A A A

SELAIN memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan nasional, Otoritas Arab Saudi terutama Kepresidenan Keamanan Negara telah mengerahkan pasukan yang berkualifikasi baik, teknologi canggih dan mekanisme modern dalam melayani para jamah haji, tamu Allah SWT untuk haji tahun ini.

Pasukan ini terlibat dalam manajemen kerumunan, serta dalam menjaga keamanan, mencegah kecelakaan, menghubungkan udara ke darat, dan memberikan berbagai informasi ke pusat-pusat operasi.

Baca Juga: Presiden Vladimir Putin Sebut Islam Memperkuat Kerukunan Rusia

Melansir laman Saudigazette pada Kamis (22/7/2021),  selama musim haji, Kepresidenan melaksanakan banyak tugas yang berbeda bersama-sama dengan sektor keamanan lainnya. Mereka telah memasang penjagaan keamanan di sisi barat wilayah Arafat untuk mencegah masuknya jamaah ilegal. Pemanfaatan teknologi terbaru dari perangkat pemantauan dan pemindaian termal tingkat tinggi juga sangat membantu pasukanmenghentikan pelanggar dan menerapkan hukuman yang ditetapkan terhadap mereka.

Peran pasukan ini sangat terlihat pada Hari Arafah dalam mengelola kerumunan di Masjid Namira dan mengatur pendakian ke Gunung Rahmat. Mereka secara halus meminta jamaah agar teratur dengan penerapan jarak fisik.

Baca Juga: Ini Sosok Syekh Belaid Ahli Kaligrafi Alquran yang Donorkan Darah untuk Ustadz Yusuf Mansur

Unit intervensi cepat dikerahkan di sejumlah lokasi di Mina dan Muzdalifah untuk mengatasi situasi keamanan secara tepat waktu, sementara operasi keluar masuk Jamarat dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan.

Pasukan juga mengatur kerumunan di halaman Masjidil Haram dengan merampingkan arus jamaah dan memastikan keselamatan semua orang. Kepresidenan berpartisipasi dalam operasi haji, mengerahkan unit khusus personel yang sangat terlatih dan diperlengkapi dalam intervensi cepat dalam segala keadaan dan di semua lokasi.

Namun yang jelas berbagai sektor kepresidenan seperti Direktorat Jenderal Penyelidikan (Mabahith), Pasukan Keamanan Khusus, Pasukan Darurat Khusus, Pasukan Keamanan Penerbangan dan Administrasi Umum Urusan Teknis memainkan peran luar biasa dalam mencapai haji yang bebas repot dan aman.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini