Share

Usai Laksanakan Haji dan Umrah, Ini yang Biasa Dilakukan Jamaah Indonesia

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 614 2444361 usai-laksanakan-haji-dan-umrah-ini-yang-biasa-dilakukan-jamaah-indonesia-3LUYmsJY54.jpg Ilustrasi aktivitas jamaah haji dan umrah usai beribadah di Tanah Suci. (Foto: Widi Agustian/Okezone)
A A A

JAMAAH haji baru saja melewati puncak ibadah. Berbagai aktivitas pun biasa mereka lakukan usai melaksanakan ibadah haji atau umrah. Kebiasaan ini tidak pernah ketinggalan setiap tahunnya, bahkan ditunggu-tunggu oleh keluarga atau kerabatnya.

Misalnya jamaah asal Indonesia, mereka tidak pernah ketinggalan membeli oleh-oleh asal Makkah dan Madinah. Di antaranya kurma, air zamzam, sajadah, tasbih, jilbab, hingga cokelat.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Kurban dari Berbagai Negara, Ada yang Hewannya Dipercantik 

Perlengkapan ibadah serta makanan dan minuman tersebut akan dibeli oleh jamaah haji atau umrah untuk keluarga, kerabat, atau teman-temannya di Tanah Air. Hal ini dikarenakan berharap akan ada keberkahan di dalamnya.

Ilustrasi aktivitas jamaah haji dan umrah usai beribadah di Tanah Suci. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

Salah satunya Dedeh, wanita asal Jawa Barat. Ia tidak pernah ketinggalan membeli oleh-oleh untuk keluarganya, termasuk bagi cucu-cucunya, misalnya membeli mukena.

"Biasanya beli mukena untuk cucu saya," kata Dedeh saat dihubungi MNC Portal, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Kisah Alya Lawindo, Guru Ngaji dan Budaya Minang untuk Anak-Anak di Amerika 

Selain itu, sebagian ada yang memilih pergi berwisata setelah ibadah haji dan umrah. Salah satu negara yang diminati setelah dari Makkah adalah Turki.

Turki menjadi salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim. Banyak sejarah Islam yang ada di negara satu ini. Misalnya Hagia Sophia, masjid terbesar dan memiliki arsitektur menarik serta klasik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada juga yang memilih pergi wisata religi. Misalnya ke Masjid Al Aqsa di Palestina yang merupakan kiblatnya pertama sholat umat Islam. Selain itu di Palestina juga terdapat beberapa makam para sahabat dan Mujahidin, bisa kunjungi untuk berziarah.

Sebagian besar travel agent biasanya menawarkan paket lengkap untuk umrah atau haji, sekaligus untuk berwisata ke beberapa tempat atau negara yang masih satu kawasan dengan Makkah.

Baca juga: Muslimah Indonesia Ini Jadi Sopir Bus Sekolah di Amerika, Selalu Dipuji Berkat Jilbabnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini