Share

Anak Muda Lebih Suka Sholat Pakai Sarung atau Celana Panjang? Ini Faktanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 614 2444441 anak-muda-lebih-suka-sholat-pakai-sarung-atau-celana-panjang-ini-faktanya-KMuKa1raKH.jpg Ilustrasi sarung untuk sholat. (Foto: Koran Sindo)
A A A

SHOLAT merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua umat Islam. Saat sholat diharuskan menutupi semua aurat, baik laki-laki maupun perempuan punya batasan aurat berbeda.

Supaya terlihat lebih rapi, biasanya laki-laki mengenakan sarung sebagai pakaian sholatnya, sekaligus menutup aurat mulai dari pusar hingga lutut kakinya. Akan tetapi sebagian memilih memakai celana panjang dibandingkan sarung.

Baca juga: Niat Sholat Tahajud, Lengkap dengan Doa dan Keutamaannya 

Lantas, apakah laki-laki lebih nyaman sholat memakai sarung atau sandal? Keduanya memang sah dipakai untuk sholat.

Setelah dilakukan survei, ternyata sebagian ada yang memilih memakai sarung dan mengenakan celana panjang. Alasannya pun berbeda-beda, termasuk dari segi kenyamanan.

Sarung Arya Saloka. (Foto: Instagram @arya.saloka)

Namun, ada juga yang menyesuaikan dengan keadaan. Apabila sedang perjalanan, supaya lebih praktis, maka menggunakan celana panjang yang yakin keadaannya bersih dan suci.

"Tapi kalau di rumah ya pakai sarung karena enggak ke mana-mana. Ke masjid juga pakai sarung, lengkap sama koko dan pecinya, biar rapi," kata Mubarok, salah satu santri asal Sukabumi, kepada MNC Portal, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah 

Sementara itu, dikutip dari Wikipedia, asal mula sarung sudah ada sejak zaman dulu, tepatnya saat masa penjajahan Belanda.

Pada zaman penjajahan Belanda, sarung identik dengan perjuangan melawan budaya barat yang dibawa para penjajah. Kalangan santri merupakan masyarakat yang paling konsisten menggunakan sarung, sedangkan kaum nasionalis abangan hampir meninggalkan sarung.

Sikap konsisten penggunaan sarung juga dijalankan oleh salah seorang pejuang yaitu KH Abdul Wahab Hasbullah, seorang tokoh penting di Nahdlatul Ulama (NU).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini