Share

Benarkah Bulan Dahulu Panas seperti Matahari? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 614 2446992 benarkah-bulan-dahulu-panas-seperti-matahari-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-N1fZpjeC03.jpg Alquran dan sains mengungkap bulan pernah panas seperti matahari. (Foto: Jennifer Aldrich/Unsplash)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap bulan pernah memiliki panas seperti matahari. Hal tersebut diketahui melalui penelitian yang dilakukan manusia.

Dirangkum dari buku 'Sains Dalam Alquran' karya Nadiah Thayyarah, dijelaskan bahwa hasil penelitian itu menunjukkan bulan terbentuk sejak 4,6 juta tahun lalu. Selama masa pembentukannya, bulan menerima hantaman bertubi-tubi dari meteor dan meteorid.

Baca juga: Jaga Kesehatan, Rasulullah Ajarkan Keseimbangan Pola Makan 

Dikarenakan suhu bulan saat itu sangat panas, terjadilah peleburan yang sangat dahsyat di permukaan bulan sehingga menyebabkan terbentuknya lubang-lubang besar yang dinamakan 'Maria' dan gunung-gunung tinggi dengan kawahnya yang dinamakan 'Craters'.

Kemudian kawah-kawah tersebut menumpahkan lahar-lahar dalam volume yang sangat besar dan lahar-lahar itu mengisi lubang-lubang besar itu. Gunung-gunung di bulan menjadi tidak aktif dan lahar-lahar berhenti mengalir. Dengan demikian, matilah bulan.

Baca juga: Obat-obatan Langka, Alquran Sebutkan 3 Bahan Alami Penangkal Virus 

Sebelum manusia mengetahui bahwa bulan awalnya pernah bersinar, kemudian mati, kitab suci Alquran yang diturunkan sekira 14 abad lalu telah mengungkap hal tersebut. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam Surah Al Isra Ayat 12:

وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ ۖ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِتَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا

Artinya: "Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas." (QS Al Isra: 12)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ayat tersebut menunjukkan adanya suatu fakta ilmiah yang baru bisa diketahui umat pada abad ke-20, yaitu bahwa bulan pada mulanya adalah sebuah planet yang menyala.

Pada buku 'Sains Dalam Alquran' disebutkan juga penelitian-penelitian astronomis telah membuktikan bahwa bulan terus-menerus menjauh dari Bumi. Pakar astronomi mengatakan bahwa bulan yang berjarak 300 ribu kilometer dari Bumi terus menjauh dari Bumi sejauh 3 sentimeter per tahun.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Keunikan Nyamuk, Salah Satunya Punya 3 Jantung 

Gerakan menjauh ini pada suatu saat nanti akan membawa bulan masuk pada area yang terdampak oleh medan gravitasi matahari. Hal ini akan menyebabkan bulan kelak meledak di permukaan matahari.

Fenomena tersebut benar-benar selaras dengan ayat Alquran yang menyatakan:

وَجُمِعَ الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ

Artinya: "Dan matahari dan bulan dikumpulkan." (QS Al Qiyamah: 9)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini