Share

Alquran dan Sains: Miliki Keturunan Ada Kaitannya dengan Tulang Manusia

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 614 2446994 alquran-dan-sains-miliki-keturunan-ada-kaitannya-dengan-tulang-manusia-DFFvAgLlpb.jpg Alquran dan sains mengungkap tulang berhubungan dengan memiliki keturunan. (Foto: Shutterstock)
A A A

ALQURAN dan sains mengungkap bahwasanya tulang manusia berhubungan dengan memiliki keturunan. Seperti dijelaskan dalam buku 'Sains Dalam Alquran' karya Nadiah Thayyarah, ayat Alquran menyebutkan bahwa Nabi Zakaria Alaihissalam memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar diberikan keturunan, walaupun istrinya mandul, dan ia sendiri sudah lemah tulangnya.

قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا

Artinya: "Ia berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku." (Quran Surah Maryam Ayat 4)

Baca juga: Benarkah Bulan Mengikuti Matahari? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Kitab suci Alquran mengingatkan adanya hubungan antara tulang dengan produksi anak. Belakangan, ilmu pengetahuan menyatakan bahwa tulang memiliki fungsi-fungsi penting yang menjadi tempat bergantung kehidupan manusia.

Pasalnya, tulang mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor dan kalsium, juga mengatur proses distribusinya dengan cara yang dapat menjaga kestabilan detak jantung dan gerakan otot.

Baca juga: 3 Bukti Makkah Kota Paling Suci di Dunia, Termasuk Keberadaan Baitullah 

Kemudian tulang memproduksi sel darah merah dan putih sepanjang hidup manusia tanpa henti. Ilmu pengetahuan modern juga mengungkap bahwa keadaan tulang berpengaruh langsung terhadap sistem saraf.

Oleh karena itu, tulang berperan langsung pada kemampuan manusia dalam memiliki anak keturunan. Inilah yang dinyatakan Alquran jauh sebelumnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara dalam buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan dijelaskan bahwa tulang sulbi merupakan tempat keluarnya pembuluh darah yang memberikan darah kepada testis dan ovarium.

Disebutkan juga bahwa pembuluh darah vesticular artery dan ovary artery bermula dari satu tempat antara tulang sulbi dan tulang dada. Terkait temuan ini, kitab suci Alquran yang diturunkan sekira 14 abad lalu telah menjelaskannya.

Baca juga: Alquran dan Sains: Air Bumi Kembali Murni Berkat Turunnya Hujan 

فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسَانُ مِمَّ خُلِقَ

خُلِقَ مِنْ مَاءٍ دَافِقٍ

يَخْرُجُ مِنْ بَيْنِ الصُّلْبِ وَالتَّرَائِبِ

Artinya: "Maka hendaklah manusia memerhatikan dari apakah dia diciptakan. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan. Yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan." (QS Ath-Thaariq: 5–7)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini