Share

Masyarakat Daerah Terluar Indonesia Terima Manfaat Kurban Prioritas BMM

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 614 2447540 masyarakat-daerah-terluar-indonesia-terima-manfaat-kurban-prioritas-bmm-vWh4b2voPM.jpg Tebar manfaah hewan kurban di daerah terluar Indonesia. (Foto: Ist)
A A A

JAKARTA - Mayoritas warga di daerah terluar Indonesia masuk ketegori dhuafa dengan taraf ekonomi yang terbilang rendah. Mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk kebutuhan makan yang cukup serta baik. 

Bahkan masyarkat di daerah terluar Indonesia sangat jarang untuk mengkonsumsi daging hewan kambing, sapi dan sejenisnya.

Nah, melihat konteks itulah, masyarkat di daerah terluar Indonesia di  Pulau Rote, NTT dan Pulau Sebatik, Kalimantan Utara mendapat kesempatan menikmati daging hewan kurban pada Idul Adha 1442 H.

Baca Juga: Stamina Tubuh Jadi Prima dengan Minum Resep Herbal Ustaz Zaidul Akbar

Melalui program Qurban Prioritas, Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) mendistribusikan hewan qurban ke beberapa titik daerah terluar di Indonesia di kedua daerah tersebut.

Novi Wardi, Direktur Eksekutif BMM mengungkapkan, fokus kegiatan pendistribusian daging kurban ke wilayah tersebut dilatarbelakangi karena taraf ekonomi masyarakatanya yang masih rendah, profesi masyarakatnya pun hanya sebagai petani dan juga nelayan.

Baca Juga: Cerita Pasien Selamat dari Kritis Covid-19 dengan Obat Keajaiban Sedekah

"Jangankan untuk berqurban, untuk makan sehari-hari pun mereka mengalami kesulitan. Untuk itu BMM mendistribusikan qurban ke daerah tersebut,“ ujarnya.

Desa Papela dan Oenggae, yang berada di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang masuk dalam kategori daerah terluar. Sebanyak 35 domba/kambing serta 4 sapi telah disembelih dan daging qurbannya didistribusikan kepada masyarakat pada tanggal 21 Juli 2021. Alhamdulillah sebanyak 629 KK menjadi penerima manfaat qurban di desa Papela dan Oenggae, NTT.

Baca Juga: Rambut Rasulullah SAW Panjang hingga Menyentuh Bahu, Benarkah Demikian?

Sedangkan untuk Desa Sungai Nyamuk dan Sungai Limau di Kalimantan Utara (Kaltara), sebanyak 4 kambing dan 1 sapi telah disembelih dan didistribusikan di daerah tersebut pada tanggal 21 Juli 2021. Alhamdulillah sebanyak 68 KK menjadi penerima manfaat program ini di desa Sungai Nyamuk dan Sungai Limau, Kalimantan Utara.

“Alhamdulillah tahun ini kami kesempatan lagi merasakan daging qurban, hanya setahun sekali pada saat Idul Adha kami bisa merasakan kenikmatan seperti ini, ” ujar Ibu Aminah Domun, salah seorang penerima manfaat di Pulau Rote, NTT.

“Harapan kami, dengan distribusi qurban pada daerah terluar ini, masyarakat di Pulau Rote dan Pulau Sebatik bisa merasakan kebahagiaan dan indahnya momentum perayaan hari raya Idul Adha, dan bagi para pequrban (mudhohi) yang mengamanahkan qurbannya melalui BMM, semoga kebaikannya dibalas oleh Allah Ta’ala,” tutup Novi Wardi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini