Share

Beri Kuliah Umum, Wamenhan Ajak Generasi Muda Miliki Sikap Patriotik Membela Negara

Jonathan Nalom, MNC Media · Rabu 28 Juli 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 65 2447458 beri-kuliah-umum-wamenhan-ajak-generasi-muda-miliki-sikap-patriotik-membela-negara-l3HYgIYUp6.jpg Wamenhan, Letjen Herindra (foto: Dok Kemenhan)

JAKARTA - Wakil Menteri Pertahanan, M Herindra memberikan kuliah umum secara daring pada Rabu (28/07/2021) kepada mahasiswa baru Universitas Gunadarma Angkatan 2021. Adapun dalam kuliahnya ia memberikan materi bertajuk ‘Kepemimpinan dan Semangat Bela Negara Wujudkan Sumber Daya Manusia Tangguh’.

Herindra menekankan, bahwa generasi muda haruslah memiliki sikap patriotik dalam membela negara Indonesia. Adapun hal tersebut berlandaskan tiga dasar pemikirian yaitu Cyber War sebagai salah satu ancaman yang bersifat Multidimensional, Ancaman Pandemi Covid-19 dan imbasnya pada dunia pendidikan serta Kesadaran dalam mentaati hukum yang merupakan salah satu Fondasi dari Konsepsi Bela Negara.

Baca juga:  Menko PMK: Bela Negara Cegah Radikalisme

Menurutnya, bela negara merupakan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Hal tersebut lantaran kedamaian dan ketentraman yang dinikmati saat ini merupakan anugerah yang didapatkan melalui pertumpahan darah, tangisan, dan jeritan pejuang-pejuang Indonesia.

“Membela negara bukan hanya dalam wujud perang bersenjata, melainkan juga dalam perang melawan Covid-19 dengan berbagai cara dan daya yang dimiliki tiap-tiap individu. Dimana hal paling mudah yang dilakukan dengan selalu menaati anjuran, himbauan, serta peraturan yang ditetapkan pemerintah, yaitu untuk tetap tinggal di rumah. Berdiam di rumah adalah selamat dan menyelamatkan”, ujar Wakil Menteri Pertahanan, M Herindra dalam keterangan tertulis, Rabu (28/07/2021)

Baca juga:  Prabowo Gandeng Kemendikbud Siapkan Program Bela Negara

Melanjutkan penjelasannya, Wamenhan mengatakan bahwa salah satu unsur dari bela negara adalah mengembangkan sikap disiplin dan rajin belajar, agar di era pandemi ini tidak meninggalkan kelompok “generasi yang hilang” atau the lost generation. Menurutnya, kedisiplinan diri dengan semangat belajar yang tinggi akan memunculkan sumber daya manusia yang cerdas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menambahkan mengenai manfaat, Herindra mengatakan bentuk bela negara terhadap generasi muda akan membentuk sikap disiplin baik waktu, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lainnya. Kemudian membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, membentuk mental maupun fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa serta patriotisme sesuai dengan kemampuan diri.

“Semangat bela negara juga melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok, membentuk Iman dan taqwa pada agama yang dianut oleh individu, berbakti pada orang tua, bangsa, agama, melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan, menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, serta tidak disiplin, membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama”, tutupnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini