Share

Membandingkan Harga PCR Indonesia dengan Negara Asean: Thailand Rp1,3 Juta, Singapura Rp1,5 Juta

Antara, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 612 2460620 membandingkan-harga-pcr-indonesia-dengan-negara-asean-thailand-rp1-3-juta-singapura-rp1-5-juta-v8YEDoF5DN.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

PRESIDEN Jokowi memang meminta agar harga swab test PCR dipermurah. Imbasnya, harga PCR pun mengalami penurunan hingga Rp495 ribu - Rp525 ribu. 

Bahkan, penurunan harga Swab Test PCR ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan biaya tes termurah.

Menurut data dari Kemenkes, Indonesia memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan beberapa negara Asia seperti Thailand dengan kisaran Rp1,3 juta – Rp2,8 juta untuk sekali Swab Test PCR. Sedangkan Singapura seharga SGD 160 atau Rp1,5 juta untuk layanan Swab Test PCR.

Tapi, hal ini berbeda dengan India yang mendapatkan subsidi penuh oleh pemerintah negaranya, serta alat Swab Test PCR, reagen yang digunakan hingga obat-obatan yang diproduksi sendiri.

Tidak heran, tarif untuk Swab Test PCR di negeri tersebut jauh lebih murah dari Indonesia dan bahkan negara-negara berkembang lainnya.

"Jika saja Indonesia sudah bisa memproduksi reagen dan komponen pendukung Swab Test, pasti harganya bisa dikontrol, dikendalikan dan murah," ujar Dicky Gunawan, epidemiolog dalam keterangan resminya.

"Kendala saat ini adalah kita masih menggunakan reagen dan komponen impor dan biaya investasi yang tinggi terutama alat laboratorium yang digunakan," tambah dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Salah satu fasilitas kesehatan yang sudah menerapkan harga baru untuk tes usap PCR adalah Bumame Farmasi. James Wihardja selaku Direktur Utama Bumame Farmasi mengatakan pihaknya berusaha maksimal untuk memberikan solusi bagi masyarakat agar bisa menggunakan layanan Swab Test PCR dengan mudah, aman, cepat dan dengan tarif yang lebih terjangkau.

"Kami juga menjamin tingkat akurasi terbaik bagi masyarakat melalui layanan dan laboratorium mandiri yang dilengkapi komponen-komponen berkualitas terbaik," kata James.

Pada akhir Juli lalu, angka penularan dapat mencapai 56.747 kasus aktif per hari, kini kasus harian berada pada sekitar 20.000 kasus per harinya.

Program pembatasan sosial secara berkala yang diterapkan sudah membawa dampak yang cukup signifikan pada angka kasus harian, ditambah lagi dengan penurunan harga Swab Test PCR yang saat ini menjadi lebih terjangkau.

Kesadaran masyarakat untuk melakukan pengecekan secara mandiri melalui Swab Antigen maupun Swab Test PCR juga kian meningkat, terutama di kota-kota besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini