Share

Alquran dan Sains: Sidik Jari Dibentuk Beberapa Saat Sebelum Bayi Dilahirkan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 614 2464670 alquran-dan-sains-sidik-jari-dibentuk-beberapa-saat-sebelum-bayi-dilahirkan-Dpa5pZLLvF.jpg Ilustrasi sidik jari. (Foto: Shutterstock)
A A A

ALQURAN dan sains mengungkap fakta-fakta yang ada pada sidik jari. Sidik jari manusia pasti berbeda, walaupun terlahir dari kembar identik. Maka itu, sidik jari menjadi identitas dalam membedakan seseorang.

Namun tahukah Anda, ada fakta-fakta menakjubkan di balik sidik jari. Ini telah jauh dibahas dalam kitab suci Alquran.

Baca juga: Alquran dan Sains: Semut Miliki 6.000 Spesies Lebih, Mati jika Terpisah dari Kelompoknya 

Ilustrasi sidik jari. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

أَيَحْسَبُ الْإِنْسَانُ أَلَّنْ نَجْمَعَ عِظَامَهُ (3) بَلَى قَادِرِينَ عَلَى أَنْ نُسَوِّيَ بَنَانَهُ (4)

Artinya: "Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? (Bahkan) Kami mampu menyusun (kembali) jari-jemarinya dengan sempurna." (QS Al Qiyamah: 3–4)

Dikutip dari buku 'Tafsir Ilmi: Penciptaan Manusia dalam Perspektif Alquran dan Sains' yang disusun Lajnah Pentashihab Mushaf Alqurab Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, penyebutan "jari-jemari" pada ayat tersebut berkaitan dengan sidik jari manusia. Sebab dalam ayat ini dan beberapa ayat lain sebelum dan sesudahnya yang membahas tentang cara Allah Subhanahu wa ta'ala mengenali individu pada hari kiamat.

Baca juga: Makhluk Hidup Diciptakan dari Air? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Bagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala dalam firman-Nya menunjukkan sebuah ilmu pengetahuan, yakni sidik jari yang seiring kemajuan ilmu sains menjadi kenyataan dan berguna bagi kehidupan umat manusia di muka bumi ini.

Fakta yang menjadikan sidik jari tidak berubah dan dapat digunakan sebagai identitas seseorang baru diketahui pada akhir abad ke-19. Sebelumnya, sidik jari hanya dilihat sebagai guratan-guratan tanpa mempunyai arti apa-apa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Barulah seorang peneliti bernama Sir Francis Goly pada 1800-an mengungkapkan bahwa pola lingkaran pada ujung jari seseorang yang kemudian dikenal sebagai sidik jari adalah unik untuk tiap individu.

Berlanjut pada era modern, fakta-fakta tentang keunikan sidik jari makin jauh terungkap. Pola sidik jari seseorang ternyata dibentuk hanya beberapa saat sebelum bayi dilahirkan. Pola tersebut akan tetap sama seumur hidup, tidak berubah, kecuali ada bekas luka di sana.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Terciptanya Embrio dalam Reproduksi Manusia 

Tidak hanya itu, begitu uniknya pola sidik jari bagi orang yang kembar identik sekali pun, dengan pola DNA sekuens yang sangat mirip, memiliki pola sidik jari yang berbeda.

Terkait menjadikan sidik jari sebagai identitas dapat dibuktikan dengan teknik identifikasi menggunakan sidik jari yang sudah diakui secara legal oleh banyak organisasi kepolisian di dunia. Legalisasi secara internasional ini juga telah berjalan lebih dari 25 tahun. Bahkan di banyak negara identifikasi dengan sidik jari sudah dilakukan lebih dari 100 tahun lamanya.

Hingga saat ini belum ada teknik verifikasi identifikasi lain yang dapat melebihi efektivitas pengenalan melalui sidik jari. Kode dan pola sidik jari mungkin dapat diidentikkan dengan barcode yang dipakai dalam dunia perdagangan saat ini.

Pengetahuan ini dikutip dari buku yang berjudul “Tafsir Ilmi : Penciptaan Manusia Dalam Perspektif Alquran dan Sains” disusun oleh Lajnah Pentashihab Mushaf Alqurab Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains: Hubungan Suami Istri Memberi Ketenteraman dan Menolak Racun 

Ilustrasi sidik jari. (Foto: Unsplash)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini